header pta Baru

208. Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Antasari Praktik Simulasi Peradilan Semu di PA Sampit

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 337Posted in Sampit

Sebanyak tujuh orang mahasiswa/i Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Jumat, 11 Juni 2021, menggelar simulasi persidangan atau Praktik Peradilan Semu di Pengadilan Agama Sampit, di bawah bimbingan Muhlisin, S.H.I.

Menurut Muhlisin, pelatihan Persidangan Semu tersebut dimaksudkan untuk membekali skill kepada mahasiswa terkait praktik siding, mulai dari pembukaan sidang, pemeriksaan surat-surat terkait keabsahan kuasa hukum, proses mediasi, pembacaan gugatan dan jawab jinawab (replik-duplik), pemeriksaan alat bukti surat dan saksi-saksi, penyampaian kesimpulan, musyawarah majelis dan pembacaan putusan serta penjelasan tentang upaya hukum yang dapat ditempuh apabila ada pihak yang tidak puas.

Sementara itu, Ketua Kelompok mahasiswa, Hairul Rahman, Praktik Peradilan Semu merupakan salah satu bagian dari mata kuliah yang diajarkan dalam perkuliahan Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. Melalui mata kuliah tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang telah didapatkan dari Hukum Acara Peradilan Agama.

“Karena itu kami mahasiswa semester 6 (enam) wajib menempuh Praktik Peradilan Semu ini. Kami bersyukur dibimbing dengan baik di PA Sampit ini,” kata dia. (dya)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media