header pta Baru

149. 3 (TIGA) HAL YANG SERING DIREMEHKAN MANUSIA YANG MEYEBABKAN KEMURKAAN ALLAH SWT

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 582Posted in Sampit

 

www.pa.sampit.go.id

Sampit Selasa,  (27/04) tepat setelah menunaikan sholat djuhur berjamaah di musholla Pengadilan Agama Sampit , para aparatur dan  pegawai Pengadilan Agama sampit  mengikuti kajian rutin selama bulan Ramadhan yaitu kultum (kuliah tujuh menit).  Kultum siang ini di sampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sampit Bapak H. Asni, S.Ag dan yang bertugas   sebagai moderator adalah Bapak Dwira Kurnianto Widodo, S.T.   Pada Kultum hari ini  Beliau mengambil tema mengenai 3 (tiga) hal yang sering dianggap remeh oleh manusia, tetapi bisa menyebabkan kemurkaan disisi Allah Swt,  dengan gaya penyampaian tausiah beliau yang khas  bergaya puitis dan intonasi yang jelas membuat apa yang disampaikan beliau  mudah dimengerti, dan yang mendengarnya   terhanyut bergetar hatinya.

Adapun 3 Hal yang sering diremehkan manusia tersebut adalah :

  1. Amalan kecil tetapi Allah swt meridhoinya

Maksudnya amalan-amalan yang disukai Allah bukanlah dilihat dari besar atau kecilnya apa yang kita perbuat, tetapi walaupun amalan itu kecil seperti membuang sampah dilingkungan kantor, tetapi Allah suka maka Allah akan meridhoinya.

  1. Dosa- dosa kecil, tetapi kita tidak segera bertaubat sehingga menyebabkan kemurkaan Allah Swt.

Maksudnya kita sering meremehkan dosa- dosa kecil yang kita perbuat dan tidak segera bertaubat memohon ampunan kepada Allah Swt contohnya kita menunda –nunda sholat diawal waktu  dengan alasan sibuk, karena pekerjaan yang menumpuk dan ini sering kita lakukan kita tidak memyadari bahwa hal tersebut sangat dimurkai Allah swt.  Kebanyakan Kita hanya fokus pada dosa-dosa besar yang kita perbuat baru kita memohon ampunan Allah swt padahal dosa-dosa kecil yang tidak terasa yang sering kita lakukan itu dapat menyebabkan kemurkaan Allah swt. Contoh lain di lingkungan kita kerja kita kadang mengabaikan aturan-aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama, sepeerti tidak mengisi aplikasi ijin keluar kantor, hal ini menyebabkan atasan kita marah.

  1. Menggangap remeh sesama makhluk ciptaan Allah Swt.

Maksudnya kita sering tidak menyadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengganggap remeh seseorang mungkin karena orang tersebut memiliki kekurangan dan mengganggap diri kita lebih baik dari dia. Jangan pernah kita meremehkan sesama manusia karena boleh jadi orang tersebut merupakan kekasih Allah yang mempunyai kedudukan yang tinggi disisi Allah Swt. Allah swt tidak pernah menilai seseorang dari segi kecantikan atau ketampanannya, kekayaanya atau jabatan tapi yang bernilai disisi Allah Swt adalah mausia yang bertaqwa dan selalu tawadhu.

Diakhir kultum nya beliau menyampaikan semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari yang beliau sampaikan, syukur-syukur dapat mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. .(L.A

 

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media