header pta Baru

147. MERAIH IBADAH TERBAIK DI BULAN RAMADHAN KULTUM DISAMPAIKAN OLEH PANITERA

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 309Posted in Sampit

 

 

 

Sampit│pa-sampit.go.id

PA.SAMPIT Memasuki hari ke empat belas di bulan suci Ramadhan 1442 H, sebagaimana biasanya setelah melakukan shalat Dzuhur, maka agenda berikutnya adalah penyampaian kultam atau tausyiah agama secara bergantian oleh para Hakim, Panitera dan Sekretaris guna memberikan pencerahan dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran.

Tausyiah Ramadhan bertepatan pada hari Senin tanggal 26 April 2021 M / 14 Ramadhan 1442 H tersebut disampaikan oleh Muhamad Ikhwan, S.Ag.,S.H.,M.H selaku Panitera Pengadilan Agama Sampit dengan dipandu oleh pembawa acara bernama Jumberi yang kesehariannya sebagai tenaga Security.

Dalam Tausyiahnya beliau mengungkapkan bahwa salah satu Nabi yang namanya paling banyak disebut dalam Al-Qur’an adalah nama Nabi Musa AS kurang lebih sebanyak 125 kali, sedangkan nama Nabi Isa AS disebut sebanyak 25 kali, dan Nabi Muhammad SAW sebanyak 4 kali.

Imam Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub mengisahkan dialog Nabi Musa AS dengan Allah SWT tentang amalan apa yang disukai oleh-Nya. Nabi Musa AS pernah bertanya kepada Allah SWT, “Wahai Allah, aku sudah melaksanakan ibadah yang engkau perintahkan. Manakah di antara ibadahku yang engkau senangi, apakah shalatku?”

Allah SWT kemudian menjawab, “Shalatmu itu hanya untukmu sendiri. Karena shalat membuat engkau terpelihara dari perbuatan keji dan munkar”. Kemudian Nabi Musa AS bertanya lagi kepada Allah SWT, “Apakah dzikirku?” Lalu Allah SWT menjawab, “Dzikirmu itu untuk dirimu sendiri. Karena dzikir membuat hatimu menjadi tenang”.

Nabi Musa AS masih penasaran, dan mengatakan, “Apakah puasaku?” Kemudian Allah SWT menjawab, “Puasamu itu hanya untukmu saja. Karena puasa melatih diri dan mengekang hawa nafsumu ?”.

Lalu ibadah apa yang membuat Engkau senang ya Allah? Ucap Nabi Musa AS. Kemudian Allah SWT menjawab,“Sedekah.Tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang kesusahan dengan sedekah, sesungguhnya aku berada disampingnya”.

Selanjutnya beliau mengungkapkan perkataan seorang ulama bernama Abdul Aziz bin Umair pernah berkata,“Shalat hanya mengantarkanmu sampai setengah perjalanan surga. Sedangkan puasa hanya mengantarkanmu hingga ke depan pintu surga, akan tetapi sedekah memasukkanmu ke dalam surga”.

Diakhir tausyiah, beliau mengajak seluruh aparatur Pengadilan Agama Sampit   memanfaatkan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan khususnya berbagi serta mengisinya dengan kegiatan ibadah untuk menggapai berkah, rahmat dan kemuliaannya sehingga diakhir Ramadhan nanti kita akan kembali kepada fitrah manusia suci, insan yang Muttaqin.(Redaksi/dhea).

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media