header pta Baru

118. Kultum Wakil Ketua : “Bulan Puasa Momentum Melatih Kesabaran”

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 292Posted in Sampit

 

Sampit, 14 April 2021

Marhaban ya ramadhan, demi menyemarakkan bulan suci ramadhan, Pengadilan Agama Sampit setiap ba’da dzuhur menyelenggarakan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit) yang diisi secara bergantian. Adapun di hari pertama ini, kultum disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit Sondy Ari Saputra, S.H.I.

Dalam kultumnya, beliau  mengutip salah satu ayat al-Qur’an dalam surat Al-Baqarah ayat 153 yang pada intinya sesungguhnya Allah SWT bersama orang-orang yang sabar. Dan dari ayat tersebut beliau menghubungkan dalam konteks puasa, bulan ramadhan ini harus kita jadikan  momentum melatih kesabaran umat muslim.

“Sabar dalam ketaaatan kepada Allah dan sabar dalam menjauhi setiap larangan-larangannya. Demi ketaatan selama berpuasa kita harus bisa menahan kebutuhan biologis seperti makan, minum dan lainnya kecuali ada udzur syar’i. Meskipun makan dan minum halal, tetapi karena berpuasa maka harus ditahan, nantilah pas berbuka baru diperbolehkan, mau ngopi atau makan dipersilahkan”, ungkap beliau.

Kemudian beliau juga menjelaskan maksud dari sabar dalam menjauhi larangan Allah SWT.“Tujuan berpuasa adalah menjadi manusia yang taqwa. Menuju taqwa tidak hanya menuntut ketaatan terhadap perintah tetapi juga menjauhi larangan-larangannya. Misal bagi yang menikah dan ingin “beribadah” tetapi karena pasangannya jauh, ya harus sabar-sabar dulu, nanti ada saatnya ketika bertemu dengan pasangan halalnya”, tutur wakil ketua kelahiran madiun ini.

Di akhir kultum ditutup dengan doa mudah-mudahan ibadah puasa khususnya keluarga PA Sampit diterima oleh Allah SWT dan kita semua menjadi orang-orang yang bersabar, insya allah. PA Sampit BAHALAP (Tim Redaksi/MF)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media