header pta Baru

Pengadilan Agama Sampit Mengikuti Pembinaan oleh WKPTA Palangka Raya Melaui Teleconference

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Sampit

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 582Posted in Sampit

Pengadilan Agama Sampit Mengikuti Pembinaan oleh WKPTA Palangka Raya Melaui Teleconference 

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Berdasarkan surat Wakil Ketua PTA Palangka Raya Nomor: W16-A/503/HM.02.3/IV/2020 tanggal 09 April 2020 perihal Pembinaan Melalui Teleconference, maka pada hari Selasa (14/04/2020) bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Sampit Ketua Norhadi, S.H.I., M.H., Panitera Frislyasi, S.H.I. dan Sekretaris Isnaniyah, S.Ag. mengikuti kegiatan tersebut, sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit tidak bisa mengikuti karena masih ada persidangan.

Kegiatan Teleconference ini dimulai pukul 13.30 WIB dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PTA Palangka Raya Drs. H. Lutfi, S.H., M.H didampingi oleh Sekretaris Mukti Ali, S.Ag. M.H. dan Panitera Drs. M. Sidiq, M.H., turut hadir juga Hakim Tinggi, Panitera Muda dan pejabat struktural serta pejabat fungsional lainnya.

Dalam pembinaan kali ini Wakil Ketua PTA Palangka Raya, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2020 dan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2020, dimana semua surat edaran tersebut diterbitkan karena Mahkamah Agung menjunjung asas tertinggi yaitu “Keselamatan Rakyat” yang penting, dalam hal ini warga Mahkamah Agung dan semua badan peradilan yang berada di bawahnya. Karenanya beberapa kegiatan yang sudah diagendakan oleh Mahkamah Agung seperti Rakernas dan lainnya semuanya dibatalkan akibat adanya musibah Covid-19

Saya harapkan semua warga Peradilan Agama yang ada di wilayah PTA Palangka Raya hendaknya menjunjung tinggi pelaksanaan surat edaran tersebut, untuk itu bisa dilaksanakan WFH atau masuk secara bergiliran dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19.

Satu persatu Pengadilan Agama yang kena giliran mengikuti pembinaan pada hari itu ditanya mengenai kinerja dan kesiapan serta kesigapan pengadilan agama dalam mengantisipasi virus covid-19

D:BERITABERITA 2020APRILpembinaan1.jpg

Untuk Pengadilan Agama Sampit sendiri, Ketua Norhadi, S.H.I., M.H. menyampaikan bahwa sampai saat ini Alhamdulillah semua ASN Pengadilan Agama Sampit dalam keadaan sehat wal afiat semuanya, penerimaan perkara masih lancar namun tidak menerima perkara secara manual tapi melalui daring atau e-Court, namun untuk perkara Dispensasi Nikah disamping melalui e-Court juga manual karena sifatnya kasuistis. 

Di Ruang PTSP sendiri sudah kami laksanakan sesuai Protokol Penanganan Covid-19 sebelum masuk harus cuci tangan dulu dengan sabun, disediakan hand sanitizer. Kami bikin pembatas kaca namun tidak mengurangi komunikasi antara petugas dengan para pihak.

Perkara yang diterima oleh Pengadilan Agama Sampit sampai saat ini 236 perkara gugatan, perkara permohonan 72 total seluruhnya 308, persidangan dilaksanakan pada hari Senin s.d Kamis dengan 2 Majelis, kami sebar menjadi 4 hari ini supaya perkara tidak menumpuk pada 1 hari saja.

Lebih lanjut Ketua mengatakan untuk menanggapi Surat Edaran Sekma No. 1 dan No. 2 tahun 2020, kami juga baru saja melaksanakan WFH mulai tanggal 07 April 2020 karena wilayah Kotawaringin Timur sudah masuk daerah tanggap darurat atau zona merah, dan jadwal WFH sudah kami kirimkan ke PTA Palangka Raya.

Selanjutnya Pembinaan oleh Sekretaris PTA Palangka Raya, beliau menyampaikan Evaluasi Kinerja bagian Kesekretariatan dan dilanjutkan oleh Panitera PTA Palangka Raya yang mengevaluasi kinerja bagian Kepaniteraan. (Tim Redaksi PA Sampit)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media