header pta Baru

“Jurus” Wakil Ketua PA Sampit Damaikan Sengketa Kebendaan Objek 5 Milyar

Written by Mursidi, S.H. on . Posted in Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Hits: 669Posted in Sampit

“Jurus” Wakil Ketua PA Sampit Damaikan Sengketa Kebendaan Objek 5 Milyar

Sampit| www.pa-sampit.go.id

Mediator Hakim PA Sampit yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit Dr. Muhammad Kastalani, SHI., MHI. berhasil mendamaikan para pencari keadilan yang bersengketa atas gugatan kebendaan/harta bersama berupa aset bernilai milyaran rupiah (5,7 M) pada Kamis (05/03/2020) di ruang mediasi PA Sampit. Dengan berhasilnya mediasi pencari keadilan bersepakat mengakhiri sengketa dan hasil kesepakatan dikuatkan oleh Majelis Hakim dalam putusan akta perdamaian (akta van dading).

Ditemui seusai mediasi, mediator menceritakan kepada tim redaksi apa jurus keberhasilan mediasi tersebut, mediator mengatakan bahwa kuncinya adalah doa, sabar, mau mendengarkan serta berkorban waktu dan konsep pemikiran yang serius untuk menuangkan alternatif-aneka deal-deal jalan damai bagi para pihak berperkara. Demikian Muhammad Kastalani mengungkap rahasia kesuksesan dirinya dalam memediasi.

Muhammad Kastalani mengakui salah satu penyebab gagalnya mediasi karena mediator tidak serius baik dalam doa dan upaya. Banyak mediator yang cuek tidak mau repot karena merasa ribet dan pekerjaannya sudah banyak, padahal di sana ada banyak pahala dan maslahat, ujar Muhammad Kastalani.

Mediator juga meyakini bahwa segala keberhasilan prinsipnya adalah dari Yang Maha Kuasa. Beliau menyitir firman Allah sebagaimana dalam Alquran Surat Huud (88) yang artinya “Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali”.

Berikut di antara doa-doa yang dibagi beliau sebagaimana termaktub dalam Kitab Zaad al-Ma’ad karya ulama besar Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah yang bersumber dari hadis-hadis Nabi saw. untuk menyelesaikan persoalan:

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السماوات السبع ورب الأرض رب العرش الكريم   .يا حي يا قيوم برحمتك أستغيث. لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين.

(Tim Redaksi PA Sampit)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media