header pta Baru

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 Secara Virtual

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 251Posted in Pulang Pisau

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 Secara Virtual

hariotonomidaerah 

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVI Tahun 2022. Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVI dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Senin (25/4/2022). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau Dian Nur Pratiwi, S.H., M.H. Li.

Acara tersebut berlangsung secara hybrid yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) dan diikuti oleh seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Pada peringatan Hari Otda tahun ini, Ditjen Otda Kemendagri mengambil tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan BerAKHLAK dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Acara diawali pemutaran video sejarah Otonomi Daerah.

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro saat menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, mengatakan secara filosofis tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, sebagian urusan Pemerintahan yaitu urusan Pemerintahan konkuren, sejatinya untuk memastikan Daerah mencapai kemandirian fiscal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan. “Setelah dua puluh enam tahun berlalu, Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka index pembangunan manusia, bertambahnya PAD, dan bertambahnya fiskal daerah, ”tutur Suhajar Diantoro.

Suhajar Diantoro menghimbau kepada Daerah yang masih rendah PAD nya untuk melakukan terobosan, dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta meningkatkan PAD bahkan melebihi TKDD tanpa melanggar hukum, dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

Pada kegiatan peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ini telah diisi oleh beberapa kegiatan diantaranya kita telah melaksanakan talkshow yang melibatkan asosiasi pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten/Kota maupun DPRD se Indonesia. Kita juga melaksanakan beberapa kegiatan prokes yang dilaksanakan melibatkan internal kemendagri membahas isu-isu Otda.

Acara dilanjutkan dengan launching sistem informasi laporan penyelenggara pemerintahan versi 1.1 dan konsultasi virtual otonomi daerah oleh Sekjen Kemendagri turut didampingi Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri yang ditandai dengan menaruh telapak tangan di screen layar.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”                                                                    

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media