header pta Baru

Di Bulan Suci Ramadhan Pengadilan Agama Pulang Pisau Kembali Laksanakan Kultum

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 287Posted in Pulang Pisau

Di Bulan Suci Ramadhan Pengadilan Agama Pulang Pisau Kembali Laksanakan Kultum

kultumbulanramadhan

 

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Pada hari Rabu, 27 April 2022 bertepatan dengan puasa hari ke 25 di bulan suci Ramadhan 1443 H, bertempat di Musholla Pengadilan Agama Pulang Pisau, dilaksanakan kuliah tujuh menit setelah sholat dzuhur berjamaah. Pengisi kultum dalam kesempatan kali ini disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H.

Erpan, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau menyampaikan: “Di dalam bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini banyak yang beranggapan bahwa berpuasa membawa penyakit seperti asam lambung atau magh. Padahal bagi orang yang berpuasa mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan kita sendiri dengan aturan yang baik dan benar, misalnya menjalankan sahur dengan benar. Sahur adalah makanan yang dimakan atau diminum seseorang di akhir malam seperti sabda Nabi sallallahu alaihi wa sallam: “Sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu ada keberkahan. “( HR. Bukhori, 1923 dan Muslim, 1095). Begitu juga sebaliknya dalam berbuka puasa lebih baiknya berbuka pertama kali dengan air putih dan berbuka dengan yang manis-manis seperti makan kurma karena di dalam tubuh kita yang sudah berpuasa mulai matahari terbit sampai dengan tenggelamnya matahari perlu adanya asupan air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, ”kata beliau.

kultumbulanramadhan1

“Berpuasalah seperti ulat, jangan berpuasa seperti ular. Ulat setelah menjalani puasa kemudian mampu mengubah dirinya secara totalitas. Dari melata dan mengganggu tanaman serta dibenci petani, berubah menjadi kupu-kupu yang membantu proses pembuahan tanaman dari yang semula menjijikkan, menjadi indah. Sedangkan ular walaupun berpuasa tetaplah menjadi ular. Meski sudah berpuasa wujudnya tidaklah berubah ular hanya berganti kulit saja sementara wataknya sama saja. Semoga di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini puasa kita diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan keberkahan di bulan yang penuh berkah, ”ujar Erpan.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred” 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media