header pta Baru

Manfaat-Manfaat Istighfar, Itulah Disampaikan Oleh Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 393Posted in Pulang Pisau

Manfaat-Manfaat  Istighfar,  Itulah Disampaikan Oleh Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Pulang Pisau

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Pulang Pisau Kartini, S.H.I. memberikan kultum (Kuliah Tujuh Menit) yang dilaksanakan setelah shalat ashar. Pada kesempatan tersebut mengangkat tema dengan judul manfaat-manfaat istighfar, pada hari Senin tanggal 07 Februari 2022 pukul 15.30 WIB bertempat di mushalla Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Kartini, S.H.I. selaku Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Pulang Pisau menyampaikan istighfar diartikan sebagai sebuah permohonan ampun kepada Allah SWT yang digunakan oleh kaum muslim. Manfaat dan keutamaan membaca istighfar yakni membantu melancarkan rezeki salah satunya yaitu membuka pintu rezeki yang terdapat dalam sruah Nuh ayat 10 sampai dengan 12 “Maka Aku berkata (kepada mereka) “Mohonlah ampunan kepada Tuhan, sungguh, Dia benar Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu”. Selanjutnya menggugurkan dosa ketika sedang bertaubat, memudahkan segala urusan, membantu menghilangkan kemalasan, selamat dari api neraka, mendapat balasan berupa surga, dijauhkan dari setan, menenangkan hati, membantu mengatasi kesedihan, membantu membersihkan hati, dan mengikuti perilaku Rasulullah, ”kata beliau.

“Selain manfaat istighfar terdapat juga hikmahnya salah satunya yakni balasan menjadi penghuni surga, Salah satu cara supaya kita bisa mendapatkan surga tersebut adalah, dengan cara melakukan amal kebaikan. Akan tetapi, meskipun kita melakukan amal buruk, kita juga bisa menjadi penghuni surga tersebut. Serta juga sebelum terbitnya matahari dan waktu terbenam matahari maka dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 70 kali. Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata; Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda; Ketika kalian telah menjalankan shalat Shubuh maka perbanyaklah membaca istighfar. Maka kami berkata ;Wahai Rasulullah, ajarkankan kepada kami sesuatu untuk kami memohon ampunan kepada Allah. Rasusullah bersanda; Kalian ucapkanlah ‘Allohumma innaa nastaghfiruka wa natuubu ilaika min kulli dzanbin ‘alimnaahu awlam na’lamhu fi lailin aw nahaarin. Barang siapa yang senantiasa membacanya, maka Allah akan membukakan pintu rizeki untuknya dan Allah akan mengunci pintu kefakiran darinya, ”tutur Kartini.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”                                                                    

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media