header pta Baru

Laporan Faktor-Faktor Perceraian Pada Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 315Posted in Pulang Pisau

Laporan Faktor-Faktor Perceraian Pada Pengadilan Agama Pulang Pisau

Juma’t, 31 Desember 2021 berdasarkan data laporan Triwulan IV tahun 2021 perselisihan dan pertengkaran masih menjadi faktor penyebab terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Pulang Pisau dari bulan Januari  hingga Desember 2021. Penyebab perceraian dari bulan Januari sampai dengan Desember 2021 masih didominasi faktor perselisihan dan pertengkaran terus menerus yaitu 97 Perkara, kemudian faktor meninggalkan salah satu pihak 13 perkara, serta faktor ekonomi 8 perkara berjumlah ada 118 perkara.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Pulang Pisau Aristyawan Akrom Masykuri, S.Ag., M.Hum mengatakan: “Cerai dalam Islam adalah adalah melepaskan status ikatan perkawinan atau putusnya hubungan pernikahan antara suami dan istri. Dengan adanya perceraian, maka gugurlah hak dan kewajiban keduanya sebagai suami dan istri. Islam memang mengizinkan perceraian, tapi Allah membencinya. Itu artinya, bercerai adalah pilihan terakhir bagi pasangan suami istri ketika memang tidak ada lagi jalan keluar lainnya. Allah berfirman: “Dan jika mereka berketetapan hati hendak menceraikan, maka sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui,” (Al-Baqarah: 227), ”kata beliau.

“Semoga di tahun 2022 angka perceraian berkurang, karena di Pengadilan Agama Pulang Pisau angka perceraian setiap tahunnya cenderung meningkat. Oleh sebab itu, dalam setiap hubungan antar individu jika timbul permasalahan lebih baik dibicarakan baik-baik sehingga tidak berakhir dengan perceraian, ”ucap Aristyawan Akrom Masykuri.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”                                                                    

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media