header pta Baru

Wakil Ketua dan Hakim PA Pulang Pisau Hadiri Bedah Buku Karya Yang Mulia Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Secara Virtual

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 360Posted in Pulang Pisau

Wakil Ketua dan Hakim PA Pulang Pisau Hadiri Bedah Buku

Karya Yang Mulia Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia

Secara Virtual

Kamis 02/09/2021 bertempat di ruang kerja masing-masing, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Ibu Nur Izzah S.H.I dan Nida Farhanah, S.Sy. menghadiri bedah buku “Cessie, Subrogasi, Novasi dan Hawalah dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah” karya Yang Mulia Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum, M.M. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, IKAHI PTA Jawa Barat dan BSI KCP Cimahi yang diselenggarakan sejak pukul 08.00 s.d 12.00 WIB menggunakan aplikasi Zoom dan diikuti peserta kurang lebih berjumlah 300 orang yang berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi, praktisi serta dari berbagai kalangan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Keynote Speaker Yang Mulia Hakim Agung Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum, M.M. (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI), Narasumber Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag (Sekretaris Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia), Sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si. (Dekan FSH UIN SGD Bandung), Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. (Rektor UIN SGD Bandung), Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. (Ketua PTA Jawa Barat), Responsif Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. (IKAHI PTA Jawa Barat), Host Riyan Ramdani, S.Sy., M.H, dan dipandu oleh Moderator Dr. H. Aden Rosadi, M.Ag., CLA. (Wakil Dekan III FSH UIN SGD Bandung).

Secara garis besar, narasumber dalam pemaparannya menjelaskan: “Cessie dan Subrogasi merupakan perjanjian untuk meneruskan/melanjutkan akad yang telah dilakukan dengan penggantian subjek hukum (penggantian kreditur (cessie) dan penggantian debitur (subrogasi). Novasi merupakan perjanjian untuk menghentikan perjanjian yang telah dilakukan (perjanjian lama dinyatakan berakhir) dan digantikan dengan perjanjian yang baru baik disertai penggantian subjek hukum maupun tidak. Sementara itu beliau menambahkan, Hawalah adalah pengalihan utang madin (sebagai muhil) kepada pihak lain (muhal) yang disebut hawalah al-dain, dan pengalihan piutang da’in (sebagai muhil) kepada pihak lain (muhal) disebut hawalah al-haqq),” tutur beliau.

Pada kegiatan ini selain disampaikan materi juga dibuka sesi diskusi dengan mempersilahkan para peserta yang ingin bertanya secara langsung kepada pemateri. Banyaknya peserta yang ingin bertanya seperti dari kalangan hakim, notaris, mahasiswa, dosen, dan pihak perbankan menunjukkan bahwa materi yang disampaikan sagatlah menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi.

Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambut baik adanya kegiatan bedah buku ini. Dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan terutama dalam menjalankan amanah sehari-hari di bidang ekonomi syariah sebagai Hakim dengan bijaksana.

“C.A.T (Cepat, Aktual, dan Terpercaya) NF/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media