header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Hari Kebangkitan Nasional

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 718Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Hari Kebangkitan Nasional

C:\Users\User\Pictures\Foto Berita 2021\bangkit.jpg

Kamis, 20 Mei 2021 Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional dengan tema yaitu Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” Tema ini mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Peringatan hari kebangkitan nasional merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme, semangat persatuan dan kesatuan sebagai warga negara sebagaimana yang telah dicontohkan oleh pendiri-pendiri Bangsa dan Negara Indonesia. Masa kebangkitan Nasional ini ditandai dengan peristiwa penting, yaitu awal berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Hari kebangkitan nasional pertama kali diperingati secara resmi oleh era kepemimpinan Soekarno-Hatta pada 20 Mei 1948 di Yogyakarta, dimana pada saat itu Ki Hajar Dewantara yang ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana. Dalam peringatan tersebut Presiden Ir. Soekarno mengajak semua pihak untuk memiliki semangat nasionalisme dan persatuan serta mengajak semua elemen secara bersama-sama melawan belanda yang pada saat itu masih berada dan enggan pergi dari Indonesia.

Organisasi Boedi Oetomo merupakan organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan beberapa mahasiswa Stovia saat itu yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan soeraji. Dimana organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Walaupun organisasi ini tidak bersifat politik, namun semangatnya mampu menjadi awal pergerakan Bangsa Indonesia yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indoensia. Oleh karena itu kemudian setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Tujuan peringatan Harkitnas ke-133 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari PandemiCovid-19. Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun. "Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital akan semakin maju.

“C.A.T( Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media