header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Key Performance Indikator

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 635Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Key Performance Indikator

414

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Strategic Planning (Rencana Strategis) yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi menjelaskan bahwa key performance indikator (KPI) atau Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah seperangkat ukuran yang fokus terhadap aspek kinerja organisasi yang paling kritis bagi kesuksesan organisasi saat ini maupun masa datang. Adapun manfaat KPI adalah memberi fokus, arah dan pemahaman bersama terkait sasaran yang ingin dicapai, memberi kejelasan ukuran yang akan dicapai, umpan balik bagi peningkatan kinerja dan pengetahuan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Selain itu dijabarkannya pula teknik mengidentifikasi KPI atau IKU dari sasaran strategis dengan pendekatan logic model yaitu:

  1. Input yaitu mengukur kuantitas/kualitas sumber daya input termasuk sumber daya manusia, sumber daya keuangan dan infrastruktur.
  2. Proses yaitu mengukur kuantitas/kualitas kegiatan yang diperlukan untuk memberikan hasil yang diharapkan termasuk waktu dan tingkat pemanfaatan.
  3. Output yaitu mengukur kuantitas/kualitas barang atau jasa yang dibuat atau disediakan melalui penggunaan input termasuk hasil yang dapat diukur.
  4. Outcome yaitu mengukur kuantitas/kualitas hasil yang dicapai melalui penyediaan barang dan jasa termasuk nilai tambah dan dampak.

Banyak lagi materi menarik lainnya disampaikannya yang sangat penting untuk dipelajari guna meningkatkan wawasan dan kompetensi seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan dengan maksimal di tempat kerja sehingga kinerja para aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau semakin progresif dan sesuai dengan visi dan misi organisasi.

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media