header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kecerdasan Emosi

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 451Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kecerdasan Emosi

407

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Kecerdasan Emosi yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi mengutarakan bahwa emosi adalah pola reaksi yang kompleks dari individu saat menghadapi situasi tertentu yang melibatkan unsur-unsur pengalaman, fisiologis dan perilaku. Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk memantau emosi diri sendiri dan orang lain, membedakan antar emosi, dan memberi label emosi secara tepat serta memanfaatkan emosi untuk mengarahkan proses berfikir dan bertindak.

Selain itu dijabarkannya pula emotional intelligence leadership style meliputi:

  1. self awareness yaitu menyadari perilaku yang menunjukkan kekuatan dan keterbatasan yang dimiliki serta dampaknya terhadap orang lain
  2. awareness of others yaitu memperhatikan dan mengakui orang lain, memastikan orang lain merasa dihargai dan menyesuaikan gaya kepemimpinan agar sesuai dengan orang lain.
  3. authenticity yaitu mengekspresikan diri secara terbuka dan efektif, menghormati komitmen dan mendorong perilaku ini kepada orang lain
  4. emotional reasoning yaitu menggunakan informasi emosional dan menggabungkannya dengan fakta dan informasi lain saat mengambil keputusan
  5. self management yaitu mengelola suasana hati dan emosi seseorang, waktu dan perilaku, dan terus meningkatkan diri sendiri.
  6. inspiring performance yaitu memfasilitasi kinerja tinggi pada orang lain melalui pemecahan masalah bersama, mengakui dan mendukung pekerjaan orang lain.

Banyak lagi materi menarik lainnya yang disampaikannya yang sangat penting untuk dipelajari guna meningkatkan wawasan dan kompetensi pegawai khususnya pimpinan di setiap lini. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan dengan maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari seperti di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di tempat kerja sehingga pelaksanaan kinerja di Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat terkendali, aman dan bahagia untuk segenap aparaturnya.

 

(Mul/Tim-Red)

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media