header pta Baru

Hari Kedua Bimtek Administrasi Kesekretariatan

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 755Posted in Pulang Pisau

Hari Kedua Bimtek Administrasi Kesekretariatan

 348

Selasa, 13 Oktober 2020 Bimbingan Teknis Administrasi Kesekretariatan dilanjutkan dengan materi dan narasumber berbeda namun masih dari Biro Kepegawaian Mahkamah Agung RI. Kegiatan berlangsung di Ballroom Kahayan di Hotel Swiss Bell Danum Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh 13 Satker se- Kalimantan Tengah Pengadilan Agama Pulang Pisau mengirimkan utusan kepada Sekretaris Bapak Yondri Harta, S.E. dan Plt. Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Fandi Triandi, S.E.

Materi pada hari kedua Bimtek Kesekretariatan adalah tentang penyusunan analisis beban kerja (ABK), analisis jabatan (Anjab) dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Materinya adalah hal  pokok pada Bimtek yang diikuti oleh Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Kegiatan diikuti oleh 13 satuan kerja yang masing-masing mengirimkan dua orang yakni Sekretaris dan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala. Kegiatan ini dipimpin oleh Moderator Bapak Mursidi, S.H. yang mejabata sebagai Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Palangka Raya dan Ibu Rika Yunita Pratiwi, S.T. kasubbag Keuangan dan Pelaporan sebagai notulen.

Pada pemaparan yang disampaikan oleh narasumber yang pertama menjelaskan tentang analisis beban kerja (ABK). ABK adalah analisis yang dibuat berdasarkan kebutuhan waktu terhadap keseluruhan pekerjaan yang dibebankan kepada pegawai. Yang pertama harus ditentukan adalah Uraian Tugas. Setelah mengetahui uraian tugas pokok dan fungsi dari suatu posisi atau jabatan, maka selanjutnya anda hanya perlu menghitung beban kerja per waktu dan volume (porsi) kerja. Cara perhitungannya dengan mengelola data yang diperoleh dari laporan beban kerja yang sudah dilakukan unit pelaksana yakni dengan formula beban kerja × waktu = isi kerja

Pembahasan berikutnya adalah tentang analisis jabatan (Anjab). Ruang lingkup Pedoman Pelaksanaan Analisis Jabatan yang diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini meliputi : 1. Pengumpulan data; 2. Penyusunan informasi jabatan; 3. Verifikasi data; dan 4. Penetapan hasil analisis jabatan.

Materi terakhir pada hari kedua Bimtek Administrasi Kesekretarian adalah tentang Sasaran Kinerja Pegawai. SKP telah mengalami pembaharuan yaitu tertuang pada PP 30 tahun 2019 tentang Penilaian PNS. Proses penyusunan SKP yang dimaksud dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), dilakukan dengan memperhatikan perencanaan strategis Instansi Pemerintah yaitu

  1. Organisasi dan tata kerja
  2. uraian jabatan; dan/atau
  3. SKP atasan langsung.

Kegiatan ditutup dengan Foto Bersama Narasumber dan seluruh Peserta. Sekretaris PTA Ibu Hj. Laila Istiadah mengatakan bahwa semoga dengan dilaksanakannya Bimtek ini dapat mempermudah dan membantu penerapannya di satuan kerja masing-masing.

(FT/Tim-Red)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media