header pta Baru

Pelajari Renstra, Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Diklat Online Strategic Planning

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 534Posted in Pulang Pisau

Pelajari Renstra, Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Diklat Online Strategic Planning

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritastrategic 1 oke.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Sebagai seorang Hakim Pengawas di Bidang Kesekretariatan Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. merasa perlu untuk mempelajari teknik membuat rencana strategis. Oleh karena itu  Ia mengikuti mengikuti Pelatihan Online Strategic Planning yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Badan PPM Tahun Anggaran 2020. Pelatihan dimulai pada hari Senin (06/07/2020) sampai hari Jum’at (10/07/2020) diikuti oleh Para Hakim Tingkat Pertama dari berbagai lingkungan peradilan se Indonesia. 

 

Sasaran pada materi ini peserta diharapkan memahami kerangka penyusunan perencanaan strategis organisasi, pemangku kepentingan organisasi (stakeholders), visi dan misi organisasi, cara melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal organisasi serta dampaknya bagi organisasi, cara menetapkan sasaran organisasi dan strategi pencapaiannya serta cara mengembangkan program implementasi strategi.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritastrategic 2.jpg

 

Pada diklat ini dijelaskan definisi stakeholders yaitu pihak yang mempunyai kepentingan dan pengaruh terhadap organisasi atau seorang atau kelompok orang yang punya pengaruh signifikan terhadap proses pembuatan keputusan stratejik atau terhadap implementasinya. Stakeholders dapat menentukan hidup matinya organisasi dan bahkan bisa mendukung keberhasilan atau menghambat jalannya organisasi.

 

Selain itu Pemateri menguraikan tentang analisis lingkungan eksternal organisasi yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi peluang yang perlu dan segara mendapatkan perhatian dari pimpinan organisasi dan atau untuk mengetahui ancaman yang perlu mendapatkan antisipasi. Lingkungan eksternal terdiri dari faktor makro  yang tidak dapat dikendalikan dan mempengaruhi pengambilan keputusan organisasi, kinerja dan kemampuan organisasi serta strateginya dalam menjalankan fungsinya melayani masyarakat yang dapat dikategorikan dalam faktor PASTEL yaitu Politic, Economy, Social, Tecnology, Environment dan Legal.

 

Disampaikan pula bahwa organisasi akan mampu eksis bila berhasil mengelola area kinerja kunci (Key Result areas-KRA) yang meliputi Market/Postion Standing, Productivity, Efficiency, Innovation, Physical and Financial Resources, Manager’s Performance and Development, Staf’s Development and Attitude serta Public Responbility.  Banyak lagi aneka materi menarik lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Semoga dengan mengikuti pelatihan ini selain menambah pengetahuan dan kompetensi yang bersangkutan, didapatkan pula hasil output yang memuaskan dan impact yang positif buat organisasi dan lembaga. 

  

(Mul) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media