header pta Baru

Lagi, PA Pulang Pisau Disemprot Dengan Cairan Disinfektan

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 847Posted in Pulang Pisau

Lagi, PA Pulang Pisau Disemprot Dengan Cairan Disinfektan

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritalagi semprot.jpg

PA Pulang Pisau kembali disemprot dengan cairan disinfektan pada hari Selasa (07/04/2020) pukul 11.30 WIB. Penyemprotan dilakukan oleh pihak Polres Pulang Pisau dengan menyemprot semua ruangan yang ada di Kantor PA Pulang Pisau. Selain PA Pulang Pisau instansi-instansi lainnya seperti PN Pulang Pisau juga ikut disemprot pula. 

 

Kurang lebih dua minggu sebelumnya pihak kepolisian juga telah menyemprot PA Pulang Pisau dengan cairan disinfektan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi penyebaran virus Covid 19 di Kabupaten Pulang Pisau baik di perkantoran maupun tempat-tempat umum lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa disinfektan adalah cairan pembersih yang biasanya terbuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alcohol. Cairan disinfektan dapat juga dibuat sendiri dengan cara mencampur wifol, bayclin dan air. Tujuannya untuk mematikan bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang ada dalam ruangan atau permukaan benda seperti gagang pintu, meja, kursi, keran, kaca, lemari, plastik dan lain-lainnya. 

Virus covid 19 yang menempel pada sebuah benda diketahui dapat hidup selama 72 jam, hal itu berarti jika tidak segera disemprot virus tersebut dapat terhirup atau tersentuh tangan selanjutnya tanpa sengaja tangan tadi menyentuh mata, mulut atau hidung sehingga dengan perantaraan tangan tersebut virus covid 19 masuk ke dalam tubuh manusia. 

Virus corona sendiri berasal dari bahasa Latin corona, yang artinya "mahkota" atau "karangan bunga". Namanya mengacu pada penampilan karakteristik virion yang mengingatkan pada mahkota atau korona surya. Virus corona pertama kali ditemukan pada tahun 1930 pada ayam dan selanjutnya pada tahun 1960 virus corona mulai ditemukan pada manusia. Di antara macam jenis virus corona yang popular adalah MERS-CoV, SARS-CoV dan SARS-Cov-2. Adapun jenis virus corona baru yaitu Covid 19 baru muncul di akhir tahun 2019 ini, kepanjangan dari Covid 19 sendiri adalah Corona Virus Diseases 2019 yang bermakna penyakit virus corona (tahun) 2019.

Dengan adanya penyemprotan tersebut diharapkan dapat menimalisir penularan virus covid 19, namun jangan lupa setelah ruangan tersebut steril dan bebas dari virus tidak selamanya berlaku demikian. Jika beberapa waktu kemudian ada lagi virus yang masuk karena adanya penderita yang sakit dan bersin di sebuah ruangan atau berbagai hal lainnya maka virus tersebut dapat kembali menyebar di ruangan tersebut. 

Dengan adanya penyemprotan tersebut KPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S. Ag. menyatakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Polres Pulang Pisau ini, “hal tersebut sangat membantu PA Pulang Pisau dalam rangka mengurangi risiko penyebaran virus covid 19,” ujarnya. 

Semoga Kabupaten Pulang Pisau terbebas dari penyebaran virus covid 19 dan masyarakatnya senantiasa sehat, aman, sentosa, makmur dan sejahtera, pungkas KPA alumni Pondok Pesantren Raudhatul Ulum, Indra Laya, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan ini.

(Mulyadi)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media