header pta Baru

PA Pulang Pisau hadiri Peresmian Masjid “Al-Mahkamah” PTA Palangka Raya

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 553Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau hadiri Peresmian Masjid “Al-Mahkamah” PTA Palangka Raya

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaperesmian mesjid PTA.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Pada hari Kamis, tanggal (20/03/2020), sekitar pukul 12.15 WIB, dilaksanakan acara peresmian Masjid "Al-Mahkamah" PTA Palangka Raya yang diresmikan oleh Ketua PTA Palangka Raya, Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H., yang ditandai dengan ditandatanganinya prasasti Masjid "Al-Mahkamah" dan pemotongan pita. Acara peresmian ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah. 

Acara peresmian Masjid “Al-Mahkamah” dihadiri KPA Pulang Pisau Ibu Sri Roslinda, S.Ag., M.H., WKPA Pulang Pisau Bapak Erpan, S.H., M.H., dan Hakim PA Pulang Pisau Bapak Mulyadi, Lc., M.H. Juga dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah.

Setelah Masjid "Al-Mahkamah" diresmikan, dan ketika memasuki waktu sholat, maka dikumandangkanlah adzan perdana dengan khidmat dan semua yang hadir juga melaksanakan sholat berjamaah perdana di Masjid "Al-Mahkamah". 

Usai shalat kepada Tim Jurnalis PA Pulang Pisau Mulyadi mengaku nampak terharu karena satu lagi tempat ibadah dibangun dimana asma Allah akan diagungkan setiap harinya. Apalagi saat azan pertama kali dikumandangkan bulu kuduknya terasa berdiri dan hatinya terasa tersentuh karena syahdunya panggilan suci itu pertama kali digemakan.

Masjid “Al-Mahkamah” yang mulai dibangun sejak tahun 2016 ini, pada hari Jumat tanggal (19/08/2016) dilaksanakan peletakkan batu pertamanya sebagai awal ditandainya pembangunan masjid tersebut di halaman belakang Kantor PTA Palangka Raya oleh Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran.  

Masjid sejatinya adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan Masjid merupakan salah satu simbol kebesaran agama Islam (al-sya’air). Masjid selain digunakan sebagai tempat ibadah juga dapat digunakan sebagai tempat Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur'an juga sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. 

Masjid juga merupakan salah satu tempat yang penting dalam dunia Islam, sebab di dalamnya adalah bentuk berbagai macam pelaksanaan ibadah, ketaatan, dan taqarrub kepada Allah SWT., salah satu ayat yang menunjukkan keutamaan dan kedudukan masjid adalah QS Al Baqarah [2]: 114.

Dalam Al Masajid wa Mawadhi’u As-Shalah disebutkan bahwa sesorang yang membangun tempat ibadah umat Islam (masjid) akan mendapatkan ganjaran yang besar. Imam Muslim meriwayatkan dalah Shahihnya:

عَنْ عُثْمَانِ بْنَ عَفَّانَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِي الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

“Dari Utsman bin Affan -radhiyallahu’anhu- dia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga”. (HR. Muslim)

Masjid merupakan tempat yang Allah sukai di muka bumi ini, sehingga barangsiapa yang berniat ikhlas karena Allah membangun masjid dengan segenap harta dan raganya maka tentu Allah memberikan ridha dan keberkahan kepadanya. Disebutkan dalam Fatwa Lajnah Daimah bahwa amal tersebut termasuk perbuatan yang mulia dan masuk dalam kategori amal jariyah, sebuah amal yang akan tetap mengalirkan pahalnya meski telah meninggal. 

Mudah-mudahan semua yang ikut menyumbang untuk pembangunan mesjid tersebut mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda dan semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang gemar memperhatikan dan memakmurkan masjid-masjid demi meraih ridha Allah Azza wa Jalla. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

(Mirayanti)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media