header pta Baru

Diklat How To Become A Mentor Selesai

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 616Posted in Pulang Pisau

Diklat How To Become  A Mentor Selesai

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritamentor selesai 1.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Setelah lima hari mengikuti pelatihan management practice How To Become A Mentor tahun 2020, Pada Tanggal 08 Maret kegiatan tersebut di tutup secara resmi oleh  Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Kapusdiklat PIM) Bpk. Edward T.H Simamarta, S.H. LLM. MTL.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut diikuti oleh 112 orang peserta dari 4  (empat) lingkungan Peradilan seluruh Indonesia. Bertempat di Aula Puslitbang diklat kumdil sabtu 07/03/2020, Kapusdiklat PIM atas nama Kapusdiklatkumdil MA  dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan pola kepemimpinan yang efektif dan sukses untuk menuju pada perubahan kwalitas kepemimpinan yang diharapkan  oleh Mahkamah Agung.

“ pemimpin harus mampu menjadi pelopor perubahan serta  mampu untuk memeneg bawahan agar mampu mewujudkan tujuan organisasi, salah satunya adalah dengan metode mentoring dimana seorang mentor harus mampu mengarahkan serta memberikan bimbingan agar mentee dapat mengeksplor ide-ide perubahan” tegasnya.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritamentor selesai 2.jpg

Seperti yang telah diketahui peserta bahwa pelatihan tersebut di sampaikan beberapa cara  metode couching dan mentoring, salah satunya teknik dalam Couching yaitu Goal, Reality, Option obstacle dan Will way forward  yang kemudian dikenal dengan istilah teknih GROW yang lebih menekankan pada cara untuk merangsang couchee untuk bisa menemukan solusi dan alternatif pilihan penyelesaian dalam masalah yang dihadapi.  Selain ternik GROW, teknik BEST dalam metode mentoring juga di sampaikan oleh fasilitator supaya dapat menjadi tambahan bahan untuk memaksimalkan potensi Sumber Daya  yang ada dan bisa melakukan aksi perubahan di Instansi masing masing.

Pusat pelatihan managemen PPM menjadi fasilitator pelatihan How To become a mentor   pelatihan tersebut. PPM Managemen merupakan lembaga yang menjadi mitra berbagai orgaisasi baik organisasi pemerintah maupun  swasta. Dan kerja sama dalam kegiatan ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh pusdiklatkumdil Mahkamah Agung.    

Dalam sesi penutupan tersebut juga di umumkan peserta dengan lulusan terbaik dari masing masing kelas. Sehingga terdapat 9 orang peserta  lulusan terbaik dari tiga kelas yang ada. 

“Bagi peserta dengan lulusan terbaik, saya akan memberikan kesempatan untuk mengikuti diklat kompetensi  lanjutan yang bekerja sama dengan lembaga fasilitator dengan biaya yang akan ditanggung oleh diklat. tapi itu nanti bukan sekarang “ tegasnya sambil tersenyum. 

Wakil Ketua PA Pulpis kepada tim redaksi berharap bahwa dengan adanya pelatihan ini kita semua bisa lebih meningkatkan kinerja lembaga peradilan yang kita cintai ini demi mewujudkan peradilan yang agung.

 

(Erpan)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media