header pta Baru

Kultum Bakda Sholat Ashar Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Posted in Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Hits: 147Posted in Pulang Pisau

Kultum Bakda Sholat Ashar Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau

200

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id.

Selasa, tanggal (17/10/2023), bertempat di mushalla Pengadilan Agama Pulang Pisau, kembali dilaksanakan kegiatan rutin bakda sholat ashar yaitu Kultum (kuliah tujuh menit) bakda ashar. Dalam kesempatan ini penyampaian materi kultum disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S,H.I., dengan materi tentang “Keutamaan Adzan dan saf Pertama ”.

Hadir dalam kesempatan tersebut yaitu Para Hakim, Para Kepala Sub Bagian dan para pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau. Dalam kultumnya, M. Busyra, S,H.I.,  memaparkan beberapa hadis, salah satunya yaitu:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Seandainya orang-orang mengetahui rahasia (keutamaan) yang terkandung dalam adzan dan saf pertama, kemudian mereka tidak menemukan cara selain dengan mengadakan undian untuk meraihnya niscaya mereka akan mengundinya. Andaikan mereka mengetahui rahasia yang terkandung pada tahjir (berangkat ke masjid sedini mungkin), niscaya mereka akan berlomba-lomba mengejarnya. Seandainya mereka itu mengetahui rahasia shalat Isya dan Shubuh, niscaya mereka akan menghadirinya walaupun dengan cara merangkak.”  (HR. Bukhari 615 dan Muslim 129).

201

Selain itu dalam pemaparannya beliau juga menceritakan bahkan disebutkan dalam hadits, orang yang ketika dia berada di padang pasir sendirian, kemudian dia adzan, maka akan shalat bersama dia dari pasukan-pasukan Allah yang tak terlihat ujungnya, papar beliau.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), Mry/Timred”

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media