header pta Baru

Kembali Dilaksanakan Kultum Rutin Setelah Shalat Ashar Berjamaah di Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Posted in Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Hits: 120Posted in Pulang Pisau

Kembali Dilaksanakan Kultum Rutin Setelah Shalat Ashar Berjamaah di Pengadilan Agama Pulang Pisau

 WhatsApp Image 2023 05 23 at 15.09.35

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id 

Selasa (23/05/2023) kegiatan rutin yang dilaksanakan Pengadilan Agama Pulang Pisau berlangsung aktif yaitu dengan mengadakan shalat Ashar berjamaah sekaligus mengadakan kultum yang disampaikan oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau. Pada sore hari ini kegiatan kultum disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S.H.I. yang dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S.H.I. menyampaikan: “Keutamaan terbesar dari wudhu adalah terhapusnya dosa-dosa, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Apabila seorang hamba Muslim atau Mukmin berwudhu, kemudian dia membasuh wajahnya maka akan keluar dari wajahnya bersama air itu atau bersama tetesan air yang terakhir segala kesalahan yang dia lakukan dengan pandangan kedua matanya. Apabila dia membasuh kedua tangannya, maka akan keluar dari kedua tangannya bersama air itu atau bersama tetesan air yang terakhir segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua tangannya. Apabila dia membasuh kedua kakinya, maka akan keluar bersama air itu atau bersama tetesan air yang terakhir segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua kakinya, sampai akhirnya dia akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa-dosanya.” (HR Muslim),” tutur beliau.

“Sebagaimana diketahui, wudhu merupakan perintah langsung dari Allah Swt yang tertulis di dalam Al-Qur’an sebagai salah satu cara bersuci sebelum melaksanakan sholat. Namun jika dikaji dari dimensi syari’at, tata cara berwudhu yang diajarkan Rasulullah SAW ternyata mengandung hikmah dan rahasia rahasia yang tersembunyi di dalamnya. Penelitian-penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa berwudhu yang sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ternyata dapat memberikan manfaat terhadap fisik dan psikis manusia. Selain itu, manfaat cara wudhu terhadap kesehatan adalah dapat membersihkan berbagai kotoran, virus, dan bakteri yang berada di telinga, hidung, mulut dan gigi, serta dapat mempermudah regenerasi selaput lendir sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang masuk melalui telinga, hidung dan mulut, baik penyakit yang ringan maupun penyakit yang serius. Selain itu, kebanyakan titik refleksi berada pada anggota wudhu. Sehingga kita menjalankan wudhu tidak hanya sebatas ritual yang dilakukan sebelum sholat, karena banyak manfaat di balik ritual tersebut jika kita melakukannya dengan benar,”Air untuk wudhu merupakan air mutlak (air bersih) yang belum tercampur dengan zat lain, ada tujuh macam air yang boleh dipakai untuk berwudhu, antara lain: air hujan, air sungai, sumber mata air, air laut, air sumur, air embun, dan air es. Sehingga untuk seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau kalau melakukan wudhu harus memilih air yang suci sehingga air tersebut tidak musta’mal yang masih murni dan bebas dari najis,” ujar M. Busyra.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), NV/Timred”

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media