header pta Baru

Kultum Selasa Sore Oleh Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 261Posted in Pulang Pisau

Kultum Selasa Sore Oleh Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau

kultum15112022

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Selasa (15/11/2022) kegiatan rutin yang dilaksanakan Pengadilan Agama Pulang Pisau berlangsung aktif yaitu dengan mengadakan shalat Ashar berjamaah sekaligus mengadakan kultum yang disampaikan oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau. Pada sore hari ini kegiatan kultum disampaikan oleh Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Nida Farhanah S.Sy., M.H.

Dalam kultumnya, beliau menyampaikan beberapa hadits dari Kitab Lubabul Hadits. Kitab tersebut berisi 40 bab, tiap bab memuat sepuluh hadits sehingga seluruhnya berjumlah 400 hadits. Pengarangnya adalah Jalaluddin bin Kamaluddin As-Suyuthi. Kitab ini membahas tentang hadits-hadits nabi atsar-atsar sahabat yang diceritakan dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam dengan sanad yang shahih lagi kuat. Di dalam kitab ini tiap bab mengulas tentang keutamaan-keutamaan, larangan-larangan dan pencegahan. Jalaluddin bin kamaluddin as-suyuthi adalah salah seorang sastrawan paling terkenal pada abad kelima belas. Beliau banyak memperdalam ilmu-ilmu agama dan bahasa.

kultum15112022 1

4 hadis yang beliau sampaikan pada kitab Lubabul Hadits Bab Ke-2 mengenai Keutamaan Laa Ilaaha Illallah, yaitu:

  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa setiap hari mengucapkan seratus kali laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah, maka dia akan datang di hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan purnama."
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Dzikir paling utama adalah laa ilaha illallah dan do`a paling utama adalah alhamdulillah". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Hakim dari Jabir ra.)
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah sekali, maka diampuni dosa-dosanya walaupun banyaknya bagaikan buih di lautan".
  • Nabi Muhammad SAW bersabda: "Ketika seorang mu`min lewat pekuburan dan mengucapkan laa ilaaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa hayyun la yamut biyadihil khairu wahuwa ala kulli syai-in qadirun, maka Allah menerangi semua kuburan tersebut, mengampuni dosa yang membacanya, menulis sejuta kebaikan baginya, mengangkat baginya sejuta derajat, menghapus darinya sejuta kejelekan (dosa kecil)".

Sebagai penutup kajian, ibu Nida Farhanah S.Sy., M.H. mengajak seluruh jamaah shalat ashar yang hadir senantiasa untuk mengamalkan kalimat tauhid dengan harapan semoga selalu mendapat keberkahan dan rahmat dari Allah SWT

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), PSN/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media