header pta Baru

Hari Santri Nasional, Ternyata di Pengadilan Agama Pulang Pisau Ada Alumni dan Pengajar dari Berbagai Pesantren

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 195Posted in Pulang Pisau

Hari Santri Nasional, Ternyata di Pengadilan Agama Pulang Pisau

Ada Alumni dan Pengajar dari Berbagai Pesantren

 harisantri

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober diperingati oleh para Santri di seluruh Indonesia baik yang masih mondok maupun yang sudah menjadi alumni. Banyak santri yang berkiprah di berbagai bidang di Indonesia dari Presiden Abdurrahman Wahid, Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, dan lainnya. Selain itu ada santri yang menjadi PNS, Pengacara, Pengusaha, Pemuka Agama dan lainnya sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Begitu pula di PA Pulang Pisau, ternyata ada alumni dan pengajar dari berbagai Pondok Pesantren yaitu:

Pertama, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H., Beliau mondok di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum, Sampang selama 3 tahun. Selama mondok beliau pernah 3 kali sebagai Juara Kelas.  

Kedua, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S.H.I. Beliau mondok di Pondok Pesantren  Nurul Jadid Paiton Probolinggo sejak tahun 1999 s.d 2008. Selain menjadi santri, beliau juga pernah menjadi Kabag Tata Usaha Keordinatorat Pondok Pesantren Nurul Jadid setelah tamat dari pondok pesantren tersebut. Selain menjadi da’i, alumni dari pondok pesantren ini ada juga yang menjadi Hakim, anggota DPRD, Kepala Kementerian Agama dan berbagai jabatan penting lainnya.

Ketiga, Hakim Nida Farhanah, S.Sy., M.H. Beliau mondok di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah selama 3 tahun. Selama menjadi santri, pada tahun 2009 beliau meraih Juara III Hadrah STQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Juara I Pidato Bahasa Arab Tingkat SLTA se Kota Palangka Raya, dan Juara II Pidato Bahasa Arab pada Porseni Daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu pada tahun 2010 beliau meraih Juara I Fahmil Qurán MTQ Tingkat Kota Palangka Raya dan Juara I Fahmil Qurán MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Buntok. Tidak hanya menjadi santri, beliau juga pernah menjadi salah satu pengajar Shorof dan Sejarah Kebudayaan Islam pada tingkat Madrasah Tsanawiyah setelah tamat dari pondok pesantren tersebut. Selain meraih berbagai prestasi, saat ini beliau menjabat sebagai Hakim di Pengadilan Agama Pulang Pisau sejak bulan April tahun 2020. Alumni dari pondok pesantren ini banyak yang menjadi Pengusaha Muda, Penghulu, Kepala Madrasah, Guru, Dosen, dan berbagai jabatan penting lainnya seperti Ketua KPU Kalimantan Tengah sekarang Ustadz H. Harmain Ibrohim, M.Pd.I. yang juga merupakan salah satu alumni dari Pondok Pesantren tersebut.

Keempat, Panitera Muda Permohonan Hj. Norbaiti, S.H.I. Setelah menyelesaikan kuliahnya, beliau pernah menjadi salah satu pengajar di Pondok Pesantren Nurul Iman Km. 3,5 Basarang, Kuala Kapuas selama 7 tahun yang saat itu dipimpin oleh KH. Mukhtar Ruslan. Selama di Pondok Pesantren tersebut beliau mengajar mata pelajaran Fikih, Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika. 

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NF/Timred” 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media