header pta Baru

Perdana, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Berikan Kultum Setelah Shalat Ashar Berjamaah

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 207Posted in Pulang Pisau

Perdana, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Berikan Kultum

Setelah Shalat Ashar Berjamaah

 kultumpakbusyra

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Selasa, tanggal 11 Oktober 2022 pukul 15.00 WIB bertempat di Mushala, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S.H.I untuk pertama kalinya memberikan kuliah tujuh menit (Kultum) setelah shalat ashar berjamaah dengan dihadiri oleh pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau. Materi yang beliau sampaikan dalam kultumnya mengenai sebuah Hadits yang terdapat dalam Kitab Lubabul Hadist Bab Pertama yang menerangkan tentang keutamaan ilmu dan ulama di mana Nabi Muhammad SAW berkata kepada sahabat Ibnu Mas’ud r.a:

يَا اِبْنَ مَسْعُوْدٍ جُلُوْسُكَ سَاعَةً فِيْ مَجْلِسِ الْعِلْمِ لَا تَمَسُّ قَلَمًا وَلَا تَكْتُبُ حَرْفًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِتْقِ اَلْفِ رَقَبَةٍ  وَنَظْرَكَ اِلٰى وَجْهِ الْعَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ مِنْ اَلْفِ فَرَسٍ تَصَدَّقْتَ بِهَا فِيْ سَبِيْلِ اللهِ وَسَلَامُكَ عَلٰى الْعَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِبَادَةِ اَلْفِ سَنَةٍ

 “Wahai Ibnu Mas’ud, dudukmu sesaat di dalam majlis ilmu, kamu tidak memegang pena dan tidak pula menulis satu huruf, itu lebih baik bagimu daripada memerdekakan 1000 budak. Pandangamu ke wajah orang yang alim, itu lebih baik bagimu daripada 1000 kuda yang kamu menyedekahkannya di jalan Allah, ucapan salammu kepada orang yang alim, itu lebih baik bagimu daripada beribadah 1000 tahun.”

Beliau menyampaikan dari hadits tersebut jelas disebutkan bagaimana mulianya orang yang sedang belajar walaupun hanya hadir dan diibaratkan tidak membawa pena dan tidak menulis satu huruf. Bahkan begitu mulianya, Allah SWT menjanjikan balasan yang juga luar biasa. Selain itu, orang tersebut bisa mendapatkan ilmu yang bisa memberi ribuan manfaat lain baginya asalkan memang diniatkan untuk benar-benar menimba ilmu dan tidak hanya untuk dipandang orang lain.

Setelah mengetahui betapa besarnya pahala orang yang mencari ilmu, sudah seyogyanya bagi kita untuk lebih bersemangat dalam menuntut ilmu. Bayangkan saja, jika sekali saja kita duduk dalam majelis ilmu kita bisa mendapatkan pahala memerdekakan 1000 budak, Belum lagi jika kita mau menuliskan apa yang disampaikan oleh guru kita. Lalu memandangi wajah guru kita dengan penuh simpati, tentu banyak pahala yang akan kita raih.

 “C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NF/Timred” 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media