header pta Baru

LAUNCHING APLIKASI SEGA-NABUL PENGADILAN AGAMA NANGA BULIK

Written by PA Nanga Bulik on . Posted in Nanga Bulik

Written by PA Nanga Bulik on . Hits: 337Posted in Nanga Bulik

 

Nanga Bulik – Senin 7 Maret 2022, Pada hari ini bertempat di Aula Bappeda telah dilaksanakan launching Aplikasi Sistem Informasi Elektronik Pengadilan Agama Nanga Bulik atau yang disingkat sebagai aplikasi SEGA-NABUL oleh Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik yakni YM Bapak Muh. Safrani Hidayatullah, S. Ag., M.Ag. Acara tersebut dimulai pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai.


SEGA-NABUL merupakan inovasi berbasis android yang memuat beragam informasi tentang layanan utama yang dibutuhkan oleh para pencari keadilan dan masyarakat umum, terkait kewenangan Pengadilan Agama Nanga Bulik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai layanan “core bussiness’ pengadilan Agama Nanga Bulik dan juga dapat dimaksimalkan sebagai sarana peningkatan kualitas kinerja internal dan layanan eksternal. Aplikasi tersebut dibuat oleh Tim IT Pengadilan Agama Nanga Bulik.

 


Aplikasi yang dapat di unduh melalui Playstore itu secara langsung diresmikan oleh Bupati Lamandau yakni Bapak Hendra Lesmana. Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lamandau yakni Bapak Riko Porwanto, Wakil Ketua DPRD yakni Bapak Budi Rahmat, Pimpinan Forkopimda, serta sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemkab Lamandau dan disaksikan secara virtual oleh jajaran Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangka Raya.
Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik yakni YM Bapak Muh. Safrani Hidayatullah, S.Ag., M.Ag. menyampaikan, ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. “Diusia yang masih sangat muda yakni 3 tahun ini, Pengadilan Agama Nanga Bulik terus berupaya mengikuti perkembangan khususnya transformasi teknologi informasi. Hal itu kami buktikan dengan aplikasi SEGA-NABUL ini,” ungkapnya. Dijelaskannya, nama aplikasi Sega-Nabul tersebut diambil dari bahasa lokal Kalimantan, khususnya Lamandau yakni Sega (bagus, baik) dan Nabul yang merupakan singkatan dari kata Nanga Bulik, dengan artificial yang sangat bagus sehingga dapat dijadikan motivasi dan semangat kerja bagi jajaran Pengadilan Agama Nanga Bulik.

 


Beliau juga menyebut, salah satu menu yang tersaji dalam aplikasi tersebut adalah Si S3GA atau sistem informasi Tiga Lembaga yaitu Pengadilan Agama Nanga Bulik, Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamandau serta Kementerian Agama. “Kami (PA Nanga Bulik) merangkul Disdukcapil dan Kemenag Lamandau untuk memberikan fasilitas. Kami buka akses khusus untuk teman-teman yang menjadi admin di Kementerian Agama, serta di dinas dukcapil aplikasi ini diperuntukkan murni untuk layanan pemberian data terkini dengan penanganan perkara di kantor pengadilan agama,” jelasnya. Ditambahkan, pihaknya memberikan penghargaan yang tinggi dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lamandau atas dukungan dan sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini. “Pemkab Lamandau pada tahun 2021 memberikan bantuan hibah berupa tanah, dan Alhamdulillah pada tahun anggaran ini, kami Insya Allah memohon dukungan pembangunan gedung kantor baru Pengadilan Agama Nanga Bulik,” ujarnya.


Dalam sambutannya, Bupati Hendra Lesmana menyampaikan, dengan diluncurkannya aplikasi tersebut, Pemkab Lamandau berharap dapat dimaknai sebagai bentuk publikasi dan sosialisasi untuk lebih mengenalkan keberadaan pengadilan agama sebagai lembaga layanan hukum bagi masyarakat. “Hal ini juga sebagai langkah strategis untuk menginternalisasi semangat dan budaya kerja yang baik dengan tetap menguatkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang prima (service exellent) dalam bidang pelayanan hukum yang berkeadilan, khususnya bagi masyarakat,” kata Hendra.


Aplikasi ini diharapkan dapat bermanfaat dan lebih berkembang lagi dimasa kini dan dimasa yang akan datang. TIM IT/TITA

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media