header pta Baru

354. Kasubag Umum dan Keuangan PA Mtw ikuti Pendampingan Migrasi Saldo awal SAKTI

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 341Posted in Muara Teweh

Kasubag Umum dan Keuangan PA Mtw ikuti Pendampingan Migrasi Saldo awal SAKTI

 

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Selasa, 12 Juli 2022 Yuli Lestari, S.H Kasubag umum dan Keuangan Pengadilan Agama Muara Teweh ikuti pendampingan Migrasi Saldo Awal Sakti Kelompok Modul Pelaporan Tahun 2022 Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Kalimatan Tengah. Kegiatan ini sehubung dengan adanya Surat dari Kementerian Keuangan Rebuplik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah dengan nomor S-1374 /WPB.18/2022 perihal Kick-Off Pendampingan Migrasi Saldo Awal SAKTI kelompok Modul Pelaporan Tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring menggunakan Aplikasi Zoom Meeting dari pukul 08.00-09.00 WIB.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan awareness terhadap implementasi SAKTI di lingkup Provinsi Kalimantan Tengah juga bahwa penerapan SAKTI pada Seluruh Kementerian Negara/Lembaga (roll out SAKTI). Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik. SAKTI terdiri atas SAKTI online dan SAKTI offline, yang menggunakan sistem single entry point, single database, dan akuntansi berbasis akrual. Adapun periodisasi transaksi dalam SAKTI meliputi Januari sampai dengan Desember, unaudited, dan audit. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) mencakup seluruh proses pengelolaan keuangan negara pada SATKER dimulai dari proses Penganggaran, Pelaksanaan, sampai dengan Pelaporan. Masing-masing proses pengelolaan keuangan diperankan oleh modul-modul aplikasi sebagai berikut :

  1. Proses penganggaran diperankan oleh modul Penganggaran.
  2. Proses pelaksanaan diperankan oleh beberapa modul, yaitu modul Komitmen (meliputi sub-modul Manajemen Supplier dan sub-modul Manajemen Komitmen), modul Bendahara, modul Aset Tetap, modul Persediaan, dan modul Pembayaran.
  3. Proses pelaporan diperankan oleh modul GL dan Pelaporan.(aes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media