logo pta6

223. Apel Perdana sekaligus Halal Bihalal PA Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 17Posted in Muara Teweh

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apel Perdana sekaligus Halal Bihalal PA Muara Teweh

 

Muara Teweh | Pa-muarateweh.go.id

Muara Teweh – Pengadilan Agama Muara Teweh  menggelar Apel perdana usai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin, (9/5/2022) Pada kesempatan ini, Abdurahman Sidik., S.HI bertindak sebagai pembina apel pada pagi hari ini, menyampaikan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah / 2022 Masehi kepada seluruh pegawai dan memohon Maaf Lahir Batin kepada seluruh pegawai dan peserta apel tadi pagi.

Dalam Amanah nya beliau menyampaikan tentang sejarah Halal Bihalal,

Makna halal bihalal yang pertama bisa dilihat dari segi hukum. Secara umum, kata halal digunakan sebagai lawan balik dari kata haram. Sehingga bisa dipahami halal bihalal merupakan kegiatan yang dilakukan agar terbebas dari dosa dan kesalahan.

Dengan kata lain, dari segi hukum halal bihalal dipahami sebagai salah satu usaha untuk mengubah sikap yang sebelumnya haram atau penuh dosa menjadi halal dan tidak lagi berdosa.

Halal bihalal pertama kali dicetuskan oleh KH. Wahab Chasbullah pada tahun 1946. Pada masa itu, Indonesia diketahui sedang mengalami masalah disintegrasi bangsa. Dalam kondisi tersebut, Bung Karno kemudian memanggil KH. Wahab Chasbullah untuk memberikan saran dan pendapat guna mengatasi situasi politik tersebut.

Pada saat itu, KH.Wahab Abdullah memberikan saran pelaksanaan kegiatan halal bihalal. Kegiatan ini dilakukan untuk tujuan membumikan dan menumbuhkan konsep ajaran Ahlussunah wal Jamaah. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat mempererat tali persaudaraan, kemanusiaan, dan kebangsaan.

Setelah penyampaian Amanah nya Pa Sidik, panggilan akrab beliau, menyelenggarakan kuis, kuis tersebut ditujukan untuk 2 Orang PPNPN yang berani maju, 2 orang tersebut merupakan perwakilan dari kepaniteraan dan kesekretariatan, masing-masing diberi pertanyaan sesuai dengan dari jurusan mereka bekerja.

setelah itu acara dilanjutkan dengan Halal Bihalal seluruh pegawai dan para siswa siswi magang. (El Matadore)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media