header pta Baru

295. Ketua PA Muara Teweh sambut Kunjungan Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 331Posted in Muara Teweh

Ketua PA Muara Teweh sambut Kunjungan Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya

IMG 20211220 WA0028
 
Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id
 
Dalam rangka melaksanakan pembinaan kepada Pengadilan Negeri di wilayah kerjanya. Senin (20/12/2021) Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya YM Zainuddin, SH., M.Hum melaksanakan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Muara Teweh. Kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya beserta rombongan disambut oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, SH. didampingi Sekretaris Daerah, Drs. Muhlis, Kapolres Barito Utara, Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh dan jajarannya, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, Perwakilan Kejaksaan Negeri Barito Utara, perwakilan Dandim 1013/Mtw, Kepala Lapas Muara Teweh di Kantor Pengadilan Negeri Muara Teweh. 
 
Sudah menjadi tradisi dan budaya adat bahwasanya setiap tamu atau pejabat yang pertama kali berkunjung ke Kabupaten Barito Utara pelaksanaan ritual penyambutan tamu secara adat dayak atau biasa disebut dengan Potong Hompong. Potong hompong yaitu prosesi pemotongan susunan dua buah kayu pengahalang pada sebuah pintu gerbang,  yang mana pada kayu tersebut diletakan buah-buahan khas Barito Utara. Untuk kayu pertama yang pertama dipotong oleh tamu setelah buah-buahan yang diletakan pada kayu tersebut dipetik dan dikonsumsi, sedangkan untuk kayu kedua yang berada di bawahnya dipotong oleh tuan rumah atau penyambut tamu. Salah satu makna dari tradisi potong hompong yaitu ucapan selamat datang dan merpersilakan tamu untuk menikmati segala sesuatunya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan . Dan yang tak kalah penting tujuan agar selama berkunjung tamu terlindungi dan terhindar dari halangan dan rintangan serta dilancarkan segala hajat dan kegiatanya selama berada di Kota Muara Teweh .  
IMG 20211221 003304
 
Dalam sambutan singkatnya, Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya, menambahkan bahwa tujuan Kunjungan Kerja selain melakukan pembinaan sekaligus untuk mengetahui perkembangan Kota Muara Teweh. "Kami hanya melihat dan mendengar saja, baru kali ini mengunjungi langsung," ujar Zainuddin. Ketua Pengadilan Tinggi juga meminta kepada seluruh jajaran Pengadilan Negeri Muara Teweh agar selalu meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. "Sehingga masyarakat puas akan pelayanan kita dan masyarakat tidak takut untuk berurusan dengan kita," kata Zainuddin. "Terlebih kerja sama dengan Bupati dan Wakil Bupati, karena mereka yang punya daerah. Mereka tua kan, terlepas dari umurnya yang muda," imbuh Zainudin. 
 
Selanjutnya kegiatan dirangkai dengan acara Malam Rama Tamah Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya bersama Wakil Bupati, Sekda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Unsur FKPD, dan para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara serta undangan lainnya di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Utara. (thn) 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media