header pta Baru

245. Pembinaan Online PTA Palangka Raya Nara Sumber: Waspada! Putusan Hakim Sedang Menjadi Sorotan

Written by Memen A. Husni,SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni,SE on . Hits: 367Posted in Muara Teweh

Pembinaan Online PTA Palangka Raya

Nara Sumber: Waspada! Putusan Hakim Sedang Menjadi Sorotan

 

WhatsApp Image 2021 10 29 at 14.11.59 

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

“Mahkota seorang hakim terletak pada putusannya, jadi jangan sampai hakim asal-asalan dalam membuat putusan”, tegas H. A. Rifan, S.H., M.Hum, mengawali penyampaian materinya pada Program LANPION (Layanan Pembinaan Online) PTA Palangka Raya yang dilaksanakan Jum’at (29/10/2021).

Membahas tentang Teknik Penyusunan Putusan, Hakim Tinggi itu menyampaikan bahwa dalam memeriksa perkara, hakim harus dapat menggali nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, untuk kemudian menuangkannya dalam putusan. “saat ini akses masyarakat terhadap putusan sudah sangat mudah, jadi waspada, putusan hakim sedang menjadi sorotan,” ungkap mantan Wakil Ketua PA Kodya Malang.

Sebagaimana biasanya, kegiatan pembinaan diikuti secara daring oleh seluruh Pengadilan Agama di wilayah Kalimantan Tengah melalui media center masing-masing Satuan Kerja.

Sementara itu dari ruang Media Center Pengadilan Agama Muara Teweh, Hadir melalui zoom meeting mengikuti pembinaan, Ketua, wakil Ketua dan para hakim PA Muara Teweh.

WhatsApp Image 2021 10 29 at 14.11.58

Dalam paparannya, secara umum Pemateri menjelaskan beberapa hal menegenai teknik penyusunan putusan, yang di antaranya harus memenuhi unsur-unsur putusan, penggalian fakta menggunakan teori pembuktian secara tepat dan mampu menafsirkan Undang-Undang dalam konteks perkara yang sedang diperiksa.

Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah menggunakan slide powerpoint, kemudian dilanjutkan dengan diskusi sharing dan tanya-jawab oleh para peserta. Meski dilaksanakan secara virtual, namun seluruh peserta tampak antusias menyimak materi pembinaan hingga acara selesai yaitu sekitar pukul 14.30 WIB. (akm)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media