header pta Baru

164. Terkendala Banjir, Warga Manfaatkan Layanan Wisma Prodeo

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 593Posted in Muara Teweh

Terkendala Banjir, Warga Manfaatkan Layanan Wisma Prodeo

 

 

Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id

Muara Teweh, 07/09/2021. Salah satu layanan inovasi di Pengadilan Agama Muara Teweh adalah tersedianya Wisma prodeo atau penginapan gratis bagi para pencari keadilan. Layanan ini kembali menemukan fungsi efektifnya ketika sebagian wilayah di Kabupaten Barito Utara mengalami musim banjir. Banjir didaerah ini bisa dikatakan musiman akibat meluapnya sungai Barito hingga menenggelamkan sebagian besar rumah-rumah penduduk, akses jalan dan fasilitas umum lainnya.

Adalah Sudji (77), warga Desa Tumpung Laung Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara yang memanfaatkan fasilitas Wisma Prodeo ini. Sudji bersama anak dan cucunya datang ke Pengadilan Agama Muara Teweh sejak hari Minggu, 05/09/2021 untuk menghadiri persidangan yang dijadwalkan pada hari Selasa, 07/09/2021 (hari ini, red). Dikatakan, bahwa kedatangannya untuk menginap disini disebabkan akses jalan menuju kampungnya saat ini dilanda banjir besar, sehingga transportasi darat yang biasa digunakan tidak bisa difungsikan, sementara transportasi umum melalui sungai juga terbatas.

“Saat ini dikampung saya Desa Tumpung Laung sedang banjir besar, beberapa ruas jalan terputus hingga tidak bisa dilewati transportasi darat. Hari Selasa (hari ini), saya ada jadwal sidang disini, sehingga saya memilih lebih baik menginap disini. Saya datang sudah sejak hari minggu yang lalu, dan disini kemungkinan hingga hari kamis yang akan datang menunggu surutnya air sungai barito” jelasnya.

“Saya sebagai warga pencari keadilan, sangat terbantu dengan adanya fasilitas layanan ini, diberikan secara gratis atau cuma-cuma dengan fasilitas yang memadai. Mengingat kampung saya yang begitu jauh dari sini dan sulitnya transportasi saat banjir seperti sekarang ini, layanan wisma ini sangat dirasakan betul manfaatnya” kesannya.

Desa Tumpung Laung Kecamatan Montallat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Jarak ibu kota kecamatan dengan ibu kota kabupaten (Muara Teweh) kurang lebih 122 km.

Tersedianya inovasi layanan di PA Muara Teweh berupa Wisma Prodeo diperuntukkan bagi pengguna peradilan. Khususnya bagi mereka yang mempunyai keterbatasan akses ke satuan kerja PA Muara Teweh. Wisma ini dibangun sebagai bagian dari proyek perubahan. Dan memanfaatkan bangunan gedung berupa rumah hasil dari pembelian perluasan tanah PA. Saat itu PA Muara Teweh melakukan perluasan dengan membeli lahan tanah disampingnya, dan tersisa ada rumah/bangunan yang masih bisa dimanfaatkan sebagai tempat hunian. Sehingga kini dimanfaatkan sebagai Wisma/Mess bagi sebagian aparatur PA Muara Teweh. Dan sebagiannya digunakan sebagai layanan Wisma Prodeo. (men)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media