header pta Baru

59. “ Kawal sampai Hari Raya Qurban 1442 H, PA Muara Teweh Totalitas”

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 458Posted in Muara Teweh

“ Kawal sampai Hari Raya Qurban 1442 H, PA Muara Teweh Totalitas”

Selasa, 29 Juni 2021 Pengadilan Agama Muara Teweh berdasarkan hasil Rapat Panitia Hari Raya Qurban 1442 H Senin, 26 Juni 2021 bahwa pada tahun ini akan melaksanakan ibadah Qurban, dan pada hari ini Panitia yang di Ketuai Oleh Bapak Kemijan, S.Ag melaksanakan Survey binatang qurban. 

Bersama anggota serta koordinator panitia qurban PA Muara Teweh berusaha memberikan semaksimal mungkin dalam setiap kegiatan yang melibatkan eksternal dari satuan kerja Khususnya PA Muara Teweh.

Ibadah Qurban ini memiliki banyak tujuan dikutip dari https://www.wujudaksinyata.org/, diantaranya:

1. Mensyukuri nikmat

Ibadah qurban merupakan suatu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah kita terima dari Allah SWT. Ibadah qurban juga lebih ekslusif karena hanya bisa dilakukan bertepatan dengan perayaan Idhul Adha, tetapi untuk penyembelihan hewan lainnya bisa dilakukan kapan saja. Kewajiban berqurban bagi yang telah mampu merupakan salah satu ajaran Islam. Maka dengan berqurban, hal ini juga turut menunjukkan ke-Islaman kita.

2. Meningkatkan ketakwaan

Sudah tertuang di dalam Al-Qur'an bahwa Allah SWT telah memerintahkan kepada hambanya untuk menunaikan qurban. Sebagaimana Allah Berfirman dalam Surah Al-Hajj ayat 37 yang artinya:

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

3. Membangun kepedulian

Bagi yang mampu menunaikan qurban diwajibkan membagi hasil qurbannya untuk bisa di nikmati oleh orang yang benar-benar membutuhkannya seperti kaum fakir dan miskin.

4. Memberdayakan usaha ternak

Bukan hanya bermanfaat bagi penerima qurban dan orang yang berkurban, Idul qurban juga memiliki andil dalam membudidayakan hewan ternak lokal. Mereka yang sulit menjual ternak di hari biasa dikarenakan banyaknya ternak impor. Dari perayaan Idul qurban ini, para peternak lokal dapat memasarkan hewan ternaknya dalam jumlah yang lebih banyak dibanding hari-hari biasanya.

Insya allah dengan ikhtiar dan memaksimalkan semua kegiatan yang PA Muara Teweh siap sepenuh hati BUNGAS Bersih, Unggul dan Anti Suap seperti slogan nya. Aamiin ya Robbal Alamin. (aes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media