header pta Baru

38. Mahasiswa magang laksanakan simulasi sidang di Pengadilan Agama Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 428Posted in Muara Teweh

Mahasiswa magang laksanakan simulasi sidang

di Pengadilan Agama Muara Teweh

mahasiswa magang 

Muara Teweh | pa-muara teweh.go.id

Bertempat di ruang sidang 1 Pengadilan Agama Muara Teweh, mahasiswa magang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin melaksanakan simulasi sidang pada hari ini, Jumat (11/06/2021). Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 – 15.30 WIB dengan dibimbing langsung oleh Dosen pamong, yaitu H. Khoirul Huda, S.Ag., S.H., M.H. yang sekaligus menjabat sebagai wakil ketua Pengadilan Agama Muara Teweh.

Dikarenakan peserta magang hanya satu mahasiswa, simulasi sidang dilaksanakan dengan formasi hakim tunggal, yang mengangkat kasus perkara cerai gugat, dengan setting persidangan dihadiri oleh semua pihak. Sementara itu, untuk peran para pihak yang bersengketa serta saksi-saksi, dibantu oleh para pegawai.

Adapun alasan diangkatnya perkara cerai gugat dikarenakan perkara tersebut merupakan perkara paling tinggi yang ditangani oleh Pengadilan Agama. Sehingga, dengan diadakannya simulasi sidang terhadap perkara tersebut, diharapkan mahasiswa mampu mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari serta dapat memiliki gambaran secara utuh mengenai proses persidangan yang sesungguhnya.

Saat ditemui pasca kegiatan, Khoirul Huda selaku dosen pamong menyampaikan, bahwa meski masih harus banyak memberi arahan, namun secara garis besar kegiatan berjalan dengan lancar. “yang penting, mahasiswa sudah memiliki pengalaman secara langsung, agar benar-benar memahami alur persidangan,” imbuhnya. (akm)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media