header pta Baru

182. Tausiyah Ramadan 1444 H Ricki Pratama, S.H. “Kisah Pelacur Bani Israil menjadi Ahli Surga”

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 267Posted in Muara Teweh

Tausiyah Ramadan 1444 H Ricki Pratama, S.H. “Kisah Pelacur Bani Israil menjadi Ahli Surga”

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Selasa, 11 April 2023 Ricki Pratama, S.H. mengisi tausiyah Ramadan 1444 H dengan mengisahkan Kisah “Pelacur Bani Israil menjadi Ahli Surga. Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah mengisahkan seorang pelacur dari kalangan Bani Israil yang masuk surga karena amalannya. Amalan yang dilakukannya adalah menolong seekor anjing kala hewan tersebut kehausan.

Dikisahkan dari Rasulullah SAW pada para sahabatnya, pelacur tersebut tengah berjalan di tengah terik matahari yang menyengat. Selama perjalanan, tiba-tiba, wanita itu melihat seekor anjing yang tengah menjulurkan lidah. Tidak berhenti sampai di situ, anjing tersebut juga terlihat tengah mengitari sumur berisi air di dekatnya. Usut punya usut, ternyata hewan yang dilihat oleh si pelacur itu tengah kehausan.

Hatinya seakan luluh dan merasa iba, pelacur itu pun kemudian menolong anjing kehausan tersebut dengan sepatu kulit atau muqaha yang tengah dikenakannya. Lantas, sepatu kulit tersebut diisinya dengan air. menurut keterangan hadits, perbuatan wanita itu pun diampuni dan diberi ganjaran surga. Kisah ini diceritakan oleh Rasulullah SAW:

“Ketika seekor anjing berputar atau mengitari pada sumur, di mana dia hampir mati oleh kehausan, tiba-tiba salah seorang pelacur Bani Israil melihatnya. Pelacur itu melepas sepatu kulitnya dan memberi minum (dengan wadah sepatu) kepadanya. Maka perempuan itu diampuni sebab demikian.” (HR Bukhari).

hadits di atas membawa sejumlah pesan bagi umat muslim. Salah satunya, anjuran agar muslim dapat berbuat baik pada seluruh hewan yang muhtaram atau hewan yang dimuliakan dan tidak boleh dibunuh menurut anjuran agama. Juga dari cerita ini menjadi bermanfaat lebih baik serta banyak-banyaklah berbuat kebaikan karena Kita tidak tahu perbuatan yang mana yang di nilai baik di mata Allah SWT. (aes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media