header pta Baru

401. Ketua PA Muara Teweh Ikuti Pencatatan Rekor MURI Pagelaran Kongkurung

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 222Posted in Muara Teweh

Ketua PA Muara Teweh Ikuti Pencatatan Rekor MURI Pagelaran Kongkurung

 

Mulyadi, Lc., M.H.I. Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Murung Raya mengikuti Kegiatan Pencatatan Rekor MURI Pagelaran Kongkurung dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Murung Raya yang ke 20 pada hari Senin (01/08/2022). Acara yang dimulai pada pukul 14.00 ini digelar di Stadion Willy M. Yosefh, Puruk Cahu.

Dalam sambutannya Bupati Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph, M.A. menyatakan Kongkurung merupakan salah satu khasanah kebudayaan asli Kabupaten Murung Raya tepatnya Dayak Siang yang mendiami Kecamatan Tanah Siang dan Tanah Siang Selatan. Kongkurung yaitu kegiatan menumbuk tanah untuk menanam jagung dengan alat khusus yang mengeluarkan nada tertentu sehingga jika dilakukan beramai-ramai menghasilkan nada suara yang rancak dan harmoni. Kongkurung biasanya dilakukan secara bersama-sama oleh warga masyarakat di sebuah desa dengan bergotong royong untuk bercocok tanam.

Bupati berharap semoga budaya-budaya asli lainnya yang ada juga dapat diangkat sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan nilai pariwisata di Kabupaten Murung Raya dan berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat. Pagelaran ini diikuti oleh semua Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Murung Raya dengan harapan budaya asli daerah dapat terus dipertahankan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. (Mul)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media