header pta Baru

HAKIM PA KUALA PEMBUANG IKUTI WEBINAR BEDAH BUKU KARYA TUAKA AGAMA MA RI TENTANG WANPRESTASI DAN PMH

Written by Edi on . Posted in Kuala Pembuang

Written by Edi on . Hits: 434Posted in Kuala Pembuang

HAKIM PA KUALA PEMBUANG IKUTI WEBINAR BEDAH BUKU
KARYA TUAKA AGAMA MA RI TENTANG WANPRESTASI DAN PMH


E:\10. HAKIM PRATAMA PA KUALA PEMBUANG\5. GALERI FOTO SERUYAN\3. Foto Kegiatan Satker\IMG-20201012-WA0006.jpg

 

Foto: Hakim PA Kuala Pembuang mengikuti Webinar Bedah Buku
Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa
Ekonomi Syariah di Media Center (23/10/2020)

 

Kuala pembuang I pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG – Jum’at, 23/10/2020. Hakim PA Kuala Pembuang kembali mengikuti acara webinar bertajuk Gelar Wicara atau Bedah Buku karya YM. Dr. Drs. Amran Suadi, S.H., M.M., M. Hum selaku Ketua Kamar Agama MA RI yang berjudul  “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah” yang diselenggarakan oleh Ditjen Badilag MA RI bekerjasama dengan PT BNI Syariah dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Kegiatan seminar online tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan diikuti secara daring melalui zoom meeting oleh satker Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah seluruh Indonesia.

C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\20201023_093214.jpg

 

Foto: Dirjen Badilag MA RI bersama Narasumber dan Panelis Webinar
Bedah Buku Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah (23/10/2020)

 

Webinar tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan sambutan oleh Direktur Utama PT PT BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo. Kemudian memasuki acara utama dengan pemaparan materi oleh YM. Dr. Drs. Amran Suadi, S.H., M.M., M. Hum selaku narasumber dan penulis buku. Dalam pemaparannya Tuaka Agama MA RI menjelaskan seputar isi buku diawali dari pengertian ekonomi syariah, bentuk-bentuk transaksi ekonomi syariah, pengertian wanprestasi, wujud wanprestasi, unsur-unsur wanprestasi, akibat hukum wanprestasi, unsur-unsur perbuatan melawan hukum, (PMH), pengertian keadaan memaksa (overmacht), syarat dan unsur-unsur keadaan memaksa, akibat hukum keadaan memaksa, teori keadaan memaksa dan keadaan sulit dan bentuk-bentuk keadaan memaksa.

Setelah narasumber dan penulis buku memaparkan materi, dilanjutkan tanggapan dari para panelis. Panelis pertama adalah Prof. M. Nur Yasin, S.H., M.Ag.selaku  Guru Besar Fakultas Syariah UIN Malik Ibrahim Malang. Beliau membedah buku dari segi sistematika penulisan, substansi buku, metodologi penulisan buku dan manfaat kontribusi buku. Panelis berikutnya adalah Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H. dari Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang mengelaborasi istilah wanprestasi dari perspektif kajian fikih muamalah, pembuktian terbalik dalam penetapan wanprestasi pada akad mudharabah, musyarakah dan wakalah, ganti rugi (ta’widh) dan impelementasinya di Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Menanggapi adanya webinar bedah buku tersebut, Roni Fahmi, S.Ag., M.A. menyampaikan apresiasi kepada Ditjen Badilag MA RI, “Melalui media bedah buku tentang ekonomi syariah khususnya materi wanprestasi dan PMH, akan semakin memperdalam pemahaman dan menambah referensi para Hakim Pengadilan Agama dalam menyelesaikan dan penemuan hukum dalam menyelesaikan perkara ekonomi syariah”, tuturnya. (Redaksi/EAN)

.

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media