header pta Baru

HAKIM PA KUALA PEMBUANG MENJADI NARASUMBER WEBINAR ILMU FALAK

Written by Edi on . Posted in Kuala Pembuang

Written by Edi on . Hits: 599Posted in Kuala Pembuang

HAKIM PA KUALA PEMBUANG MENJADI NARASUMBER WEBINAR ILMU FALAK

 

Kuala Pembuang – Hakim Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Dedi Jamaludin, Lc., menjadi narasumber web seminar (webinar) Ilmu Falak bertajuk “Pengenalan Praktis Ilmu Falak Melalui Aplikasi dan Tata Cara Isbat Rukyat Hilal di Pengadilan Agama” yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan yakni tanggal 16 Mei, 17 Mei dan 18 Juli 2020. Acara tersebut diselenggarakan oleh Panitia Webinar Hakim Angkatan VIII Peradilan Agama dalam rangka meningkatkan kemampuan para Hakim secara teori dan praktek dalam menangani persidangan Itsbat Rukyatul Hilal di Pengadilan Agama.

C:\Users\tes\Downloads\WhatsApp Image 2020-05-12 at 05.47.44.jpeg

Dalam pemaparannya, Dedi menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan data-data hilal awal bulan Hijriyah yang akan dijadikan acuan hakim dalam pemeriksaan sidang kesaksian rukyatul hilal dari website, software dan aplikasi astronomi, salah satunya menggunakan software astronomi Accurate Times. Setelah mendapatkan data-data astronomis tersebut, selanjutnya Dedi menjelaskan bagaimana cara membaca, memahami dan menggunakan data-data tersebut untuk keperluan persidangan Itsbat Rukyatul Hilal. Dengan data-data tersebut, hakim dapat mengetahui berapa derajat ketinggian hilal saat Matahari terbenam, letak dan posisi hilal, bentuk sabit hilal, berapa lama hilal muncul di atas ufuk, kapan hilal terbenam, dst, sehingga dapat memudahkan hakim dalam memeriksa kesaksian para pelapor yang menyatakan berhasil melihat hilal.

C:\Users\tes\Downloads\WhatsApp Image 2020-05-16 at 13.55.41.jpeg

Setelah narasumber selesai menyampaikan materinya, Moderator membuka sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para peserta. Pertanyaan-pertanyaan peserta terkait pemahaman terhadap data-data astronomis hilal, kriteria hilal yang memungkinkan terlihat/visibilitas hilal, teknis pelaksanaan rukyat di lapangan, teknis persidangan Itsbat Rukyatul Hilal, dll. dijawab dengan baik oleh narasumber. Setelah dibuka 3 sesi pertanyaan dan dijawab oleh narasumber, kemudian acara dinyatakan selesai dan ditutup oleh moderator. Para peserta berharap acara ini bisa diadakan lebih sering untuk meningkatkan pemahaman para peserta terhadap Ilmu Falak, ilmu yang sangat berguna dan semakin langka orang yang menguasainya; (Redaksi/IT)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media