header pta Baru

Sosialisasi Eksaminasi Elektronik Tahun 2022

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 278Posted in Kuala Kurun

Sosialisasi Eksaminasi Elektronik Tahun 2022

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Ketua Pegadilan Agama Kuala Kurun (Rasyid Rizani, S.H.I., M.H.I.) didampingi Wakil Ketua (Rahimah, S.H.I., M.H.) dan Hakim (Zainul Hal, S.Sy., M.Si.) mengikuti kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Eksaminasi Secara Elektronik Tahun 2022 melalui daring pada hari Jumat, 20 Mei 2022 di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kurun.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh hakim di lingkungan Peradilan Agama dan Mahkamah Syar’iyah seluruh Indonesia. Beberapa informasi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diantaranya, jadwal kegiatan, kriteria putusan, indikator penilaian, dan tata cara upload berkas yang akan dieksaminasi pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Tata Laksana Badan Peradilan Agama (SIMTALAK).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H.) yang dimulai pukul 13.00 WIB. Eksaminasi merupakan salah satu dari sistem penilaian yang digunakan Badan Peradilan Agama. Selain itu, pelaksanaan eksaminasi elektronik juga merupakan program pada Area II Penataan Tatalaksana dan Area IV Penguatan Akuntabilitas pembangunan zona integritas.

Pada pemaparannya disampaikan bahwa asas dalam eksaminasi elektronik ini adalah adil, pola yang sama dan dapat dipertanggungjawabkan.  Ditinjau dari aspek pembinaan, eksaminasi dibenarkan untuk menilai putusan dan tidak bertentangan dengan kode etik, sehingga dengan eksaminasi dapat diperoleh bentuk produk  putusan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik dan kepada Allah yang telah memberi amanah kepada para Hakim Peradilan Agama.

Terdapat lima aspek yang menjadi penilaian sistem eksaminasi elektronik yaitu penerapan hukum materiil, penerapan hukum formil, minutasi dan pemberkasan, penerapan asas sederhana cepat dan biaya ringan, serta manajemen perkara. Jadwal pelaksanaan eksaminasi ini dimulai dengan pemilihan berkas pada pada tanggal 16 Mei 2022 dan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2022 dengan akan diumumkannya hasil E-Eksaminasi melalui website Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan khidmat serta ditutup dengan tanya jawab interaktif dari para peserta dan selesai pukul 16.00 WIB. Dengan adanya kegiatan eksaminasi, nantinya diharapkan dapat tercipta tenaga teknis yang berilmu pengetahuan, berteknis yudisial yang handal, berpengalaman dan berintegritas.

Bravo PA Kuala Kurun!” (WK - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media