Webinar Internasional Peringatan HUT Ke-69 Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI)

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kamis, 17 Maret 2022 Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun, Ibu Rahimah, S.H.I., M.H. mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting kegiatan Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 IKAHI. Tema webinar tersebut yaitu “Peranan Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Untuk Mewujudkan Peradilan Modern Dalam Perspektif Lintas Negara”. Bekerjasama dengan US Department of Justice, Office of Overseas Prosecutorial Development, Asistence, and Training/Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Kantor Pengembangan, Bantuan dan Pelatihan Kejaksaan Luar Negeri (USDOJ, OPDAT).

Pukul 08.00 kegiatan dibuka oleh pembawa acara kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung serta Hymne IKAHI, dilanjutkan dengan doa kemudian sambutan oleh Mr.Bruce Miyake  selaku Penasehat Hukum Tetap KEDUBES Amerika Serikat dan sambutan dari Ketua Umum Pengurus Pusat IKAHI, Dr. H. Suhadi., S.H., M.H. pukul 08.20 dilanjutkan dengan penyampaian  Opening Speech oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifudin, S.H., M.H. sekaligus membuka acara seminar, disampaikannya tentang Akselerasi Terwujudnya Peradilan Modern, Peluang dan Tantangan. Dimana teknologi saat ini tidak ubahnya seperti senjata pamungkas barangsiapa yang menguasai teknologi maka ia akan menguasai dunia. Hal tersebut seiring dengan hal yang sedang digelorakan oleh Mahkamah Agung terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka mewujudkan peradilan modern, diantaranya yaitu membangun sistem peradilan elektronik (E-court) sejak tahun 2018 dan akan terus dikembangkan secara bertahap melalui penyempurnaan regulasi dan penyediaan sistem perangkat yang memadai, serta dilakukan pemenuhan SDM untuk menunjang sistem tata laksana peradilan elektronik dilakukan melalui rekrutmen pegawai yang memiliki kompetensi dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi.

Kegiatan seminar dilanjutkan dengan presentasi dari para narasumber yang diantara dari USDOJ-OPDAT dan State Court of Singapore dengan dimoderatori oleh Mochamad Mirza, S.Pi. terakhir sebelum penutupan acara dibuka sesi diskusi dan tanya jawab.

Bravo PA Kuala Kurun!” (NR - TI)