header pta Baru

Tahun 2021, Implementasi Pendaftaran Perkara Lewat E-Court PA Kuala Kurun Capai 100 %

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 297Posted in Kuala Kurun

Tahun 2021, Implementasi Pendaftaran Perkara Lewat E-Court PA Kuala Kurun Capai 100 %

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id.

Sejak diimplementasikan pada bulan September 2019, pendaftaran perkara dengan menggunakan sistem elektronik atau yang lebih dikenal dengan aplikasi e-Court di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II terus mengalami peningkatan jumlah pengguna. Terlebih lagi sepanjang tahun 2021 dimana Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II berhasil mengimplementasikan seluruh perkara yang ada pada tahun tersebut dengan didaftarakn secara elektronik. Dalam artian pada tahun tersebut PA Kuala Kurun Kelas II dapat mengimplementasikan 100 % pendaftaran secara elektronik. Masyarakat pencari keadilan lebih memilih mendaftarkan perkaranya dengan menggunakan system e-Court karena dinilai lebih banyak kemudahan maupun memiliki keunggulan dari pada didaftarakan secara manual. Tak hanya itu adanya masa pandemi Covid-19 yang belum usai melanda Negeri ini menjadi salah satu alasan juga masyarakat memilih menggunakan pendaftaran sistem e-Court.

E-Court sendiri merupakan sebuah inovasi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada bidang teknologi informasi sistem peradilan. e-Court mulai berlaku sejak diterbitkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik oleh Mahkamah Agung yang mengganti dan mencabut Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. Untuk diketahui, sebelumnya, Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-Court. e-Court dalam PERMA ini mengatur mulai dari Pendaftaran Perkara (e-Filling), Pembayaran Perkara (e-Payment), Pemanggilan para pihak (e-Summons) yang seluruhnya dilakukan secara elektronik/online saat mengajukan permohonan/gugatan perkara. Selain itu, sejak terbit PERMA Nomor 1 Tahun 2019 telah ditambahkan mekanisme Persidangan Secara Elektronik (e-Litigation) ke dalam model e-Court.

Ditemui Tim Redaksi PA Kuala Kurun, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Adriansyah, S.H.I. mengungkapkan masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Gunung Mas sangat tertarik mendaftarkan perkaranya menggunakan e-Court. “Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II terus berupaya mensosialisasikan pendaftaran perkara melalui e-Court kepada masyarakat pencari keadilan baik melalui media social maupun dengan adanya banner maupun brosur terkait pendaftaran sistem elektronik. Masyarakat pencari keadilan juga sangat tertarik dengan penggunaan e-Court dimana pengguna e-Court di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II sepanjang tahun 2021 pengguna layanan pendaftaran melalui e-Court capai 100 % persen yang artinya seluruh pendaftaran perkara di PA Kuala Kurun melalui aplikasi e-Court,” ungkap beliau.

Konsistensi Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II dalam mengimplementasikan pendaftaran perkara melalui e-Court di tahun 2021 mendapatkan hasil yang manis. Dimana pada pertengahan tahun 2021 tepatnya saat momentum hari jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia, dalam acara Mahkamah Agung Award Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II mendapatkan juara 2 dalam kategori pelaksanaan implementasi e-Court untuk Pengadilan Agama Kelas II.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (UN - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media