header pta Baru

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, Mari Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 392Posted in Kuala Kurun

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, Mari Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditanda tangani oleh Ir. Soekarno. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting dan sebagai awal berdirinya Negara Kemerdekaan Indonesia. Pada awal perjuangan kemerdekaan yang masih ditandai dengan perjuangan yang terhimpun dalam perhimpunan yang bersifat kedaerahan yang diantaranya yaitu Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Ambon dan himpunan pemuda lainnya. Seiring berjalannya waktu, pemuda Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu membentuk perkumpulan dan melawan penjajah tanpa didasari atas dasar ras dan suku, hingga bulan September 1926 terbentuklah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia.

PPPI penggagas dilaksanakannya Kongres Pemuda II 27 Oktober - 28 Oktober 1928, bahasan penting pada kongres ini yaitu mengenai pentingnya persatuan, pendidikan kebangsaan dan nasionalisme. Pada kongres terakhir hari tanggal 28 Oktober 1928 diumumkan rumusan hasil kongres, yang kemudian oleh para pemuda yang hadir, rumusan tersebut diucapkan sebagai sumpah setia yang berbunyi: Pertama, Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia, Kedua, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia, Ketiga, Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Pimpinan dan seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-93, sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan tahun ini yaitu Bersatu, Bangkit dan Tumbuh, maka mari terus mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan jangan mudah dipecah belah oleh perbedaan, konflik, maupun permasalahan sosial yang timbul dari dalam negeri, walaupun memang sulit sebagaimana yang pernah diujarkan oleh Presiden Soekarno, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”.

Adapun persatuan yang dibutuhkan pada saat ini sesuai dengan kondisi yaitu untuk bersatu melawan pandemi Covid-19, dengan cara terus mentaati himbauan dan peraturan dari pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19, serta mendukung upaya pertumbuhan ekonomi pada masa pandemi.

 “Bravo PA Kuala Kurun!” (NR - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media