logo pta6

Ketua PA Kuala Kurun Isi Khutbah Jum’at dengan Tema “Nuzulul Qur’an”

Written by Elwin Purnama on . Posted in Kuala Kurun

Written by Elwin Purnama on . Hits: 70Posted in Kuala Kurun

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ketua PA Kuala Kurun Isi Khutbah Jum’at dengan Tema “Nuzulul Qur’an”

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2021-04-30 at 12.07.14.jpeg

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Jumat (30/04/2021), Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, Muchammad Misbachul Anam, S.H.I., M.H., bawakan materi khutbah jum’at dengan tema Nuzulul Qur’an pada pertengahan bulan Ramadan 1442 H di Masjid Agung Darun Najah yang terletak di Jl. Letjend Suprapto, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kabupaten Gunung Mas. 

Berikut antara lain isi khutbah beliau:

Bulan Ramadhan termasuk salah satu bulan dalam kalender hijriyah. Bulan ini adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan suci Ramadhan senantiasa dinantikan umat Islam karena pada waktu inilah sebaik-baiknya waktu mengerjakan amal kebaikan dan dibukanya pintu surga bagi orang bertakwa. Selain itu, bulan Ramadhan menjadi momen yang istimewa karena terdapat berbagai peristiwa pertama kali diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar. Kemudian diturunkan secara berangsur-angsur. Sebagaimana sabda Nabi melihat Dan hadits riwayat Imam Thabrani: 

Riwayat dari Ibnu Abbas ra: “Al-Qur'an diturunkan pada malam Al-Qadar pada bulan Ramadhan di langit bumi kemudian diturunkan secara berangsur-angsur. ”

Adapun ayat yang pertama kali turun adalah surat Al-'Alaq ayat 1 - 5 yang artinya:

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,

2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,

4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,

5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Sungguh perlu diketahui bahwa membaca Al-Qur’an pahalanya begitu besar. Bayangkan saja dalam satu huruf dari Al-Qur’an bernilai satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan bernilai berlipat sepuluh kali. Sebagai mana dalam suatu sabda nabi saw:

Dari Abdullah bin Mas`ud mengatakan bahwa Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan tersebut akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan "Alif lam mim" itu satu huruf, tetapi "Alif" itu satu huruf, "Lam" itu satu huruf dan "Mim" itu satu huruf. " (HR At Tirmidzi).

“Bravo PA Kuala Kurun!” (SE - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media