header pta Baru

353. SEKRETARIS PA KUALA KAPUAS MENGHADIRI LAUNCHING E BIMA

Written by PA Kuala Kapuas on . Posted in Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Hits: 393Posted in Kuala Kapuas

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Bertempat di Ruang Kerjanya, Senin (11/10/2021) Sekretaris Pengadilan Agama Kuala Kapuas Isnaniyah, S.Ag. mengikuti Acara Launching Aplikasi e-BIMA (Electronic Budgeting Implementation Monitoring Accountability) secara daring melalui zoom meeting yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung RI, dan diluncurkan secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Syarifuddin,S.H., M.H., di Hotel Holiday Inn, Jakarta.

Aplikasi e-Bima tersebut merupakan Aplikasi berbasis web dan android yang dibangun guna memudahkan Mahkamah Agung RI serta satuan kerja dibawahnya dalam memoitoring transaksi, realisasi dan pelaksanaan anggaran. Dalam rangka memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci. Dan aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi Kementerian Keuangan.

e-BIMA merupakan suatu sistem yang dibangun sebagai sarana bantu untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan para Pimpinan satuan kerja untuk melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan real time. e-Bima juga dimaksudkan untuk  membantu mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel, serta memiliki tiga fungsi sebagai berikut:

  1. Mitigasi pelaporan keuangan untuk mengurangi risiko-risiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan;
  2. Menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan Pagu Anggaran;
  3. Sebagai dasar bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward and punishment. (isn)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media