header pta Baru

56. Pengadilan Agama Kapuas Kelas II Ikut Menyaksikan Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI 2020 Secara Virtual

Written by Saiful Imran on . Posted in Kuala Kapuas

Written by Saiful Imran on . Hits: 492Posted in Kuala Kapuas

Pengadilan Agama Kapuas Kelas II Ikut Menyaksikan Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI 2020 Secara Virtual

 

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Rabu, 17 Februari 2021 pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Media Center dan Ruang Kerja masing-masing Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, S.H.I., M.S.I., Wakil Ketua Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., Panitera H. Said Harli, S.Ag. serta Sekretaris Isnaniyah, S.Ag.  ikut serta menyaksikan Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 secara virtual melalui zoom meeting, berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor: 4 Tahun 2021 tentang Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI 2020. Acara zoom meeting ini diikuti oleh seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama seluruh Indonesia beserta seluruh aparatur yang dapat menyaksikan secara live pada link Youtube berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat keadaan pandemic Covid-19 yang sedang melanda.

 

 

Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 ini mengusung tema yang sangat menarik yaitu “OPTIMALISASI PERADILAN MODERN BERKELANJUTAN”. Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 ini juga dihadiri oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin, serta Para Pimpinan Lembaga Negara lainnya.

 

Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 disampaikan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dalam pidatonya menyampaikan tujuan utama dibangunnya sistem peradilan modern adalah untuk mempercepat proses penyelesaian perkara dan memberikan kemudahan bagi para pencari keadilan dalam menyelesaikan perkaranya. Dengan sistem peradilan elektronik, para pihak dapat mengikuti proses peradilan dari mana saja, tanpa harus mengorbankan waktu produktifnya hanya untuk datang langsung ke pengadilan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Syarifuddin memaparkan capaian Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya baik di bidang teknis yudisial maupun capaian di bidang kesekretariatan.

Capaian di bidang Teknis yudisial antara lain Pembentukan regulasi berupa peraturan Mahkamah  Agung sepanjang Tahun 2020, Penanganan perkara secara umum dimana rasio produktivitas memutus Mahkamah Agung pada tahun 2020 adalah sebesar 99,04%, atau lebih tinggi dari Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung, yaitu sebesar 70%, kinerja penanganan perkara melalui sistem peradilan elektronik (e-Court) sepanjang Tahun 2020,   

Dari sisi  Penerimaan Negara Bukan Pajak, Mahkamah Agung berkontribusi dengan capaian sebesar  71.710.015.121,-.

Selanjutnya, Capaian pada bidang kesekretariatan meliputi realisasi anggaran Mahkamah Agung pada tahun 2020 sebesar Rp 9.406.222.310.551,00 atau 95,45%, Di bidang pengelolaan anggaran, Mahkamah Agung telah menerapkan secara penuh sistem pelaporan keuangan berbasis akrual sejak tahun 2015. sehingga, Mahkamah Agung berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk yang kedelapan kali secara berturut-turut.

Pada Program kegiatan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, Mahkamah Agung telah berhasil menorehkan prestasi dimana sebanyak 85 (delapan puluh lima) satuan kerja berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK)  dan 9 Satuan Kerja mendapat predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM.

Selain capaian diatas, keberhasilan Mahkamah Agung tergambar dalam kegiatan pengembangan SDM, kinerja pengawasan dan penegakan disiplin aparatur Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya.

Di akhir pidatonya, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan sebuah pesan renungan : “Di balik semua musibah yang terjadi selalu ada hikmah kebaikan yang bisa kita petik, karena Allah SWT tidak pernah menurunkan sesuatu ke muka bumi ini dengan sia-sia, maka tugas kita adalah mengambil hikmah dari setiap kebaikan itu, agar kita senantiasa menjadi insan bersyukur.”(isn)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media