header pta Baru

53. Sekretaris PA Kuala Kapuas Ikuti Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik

Written by Saiful Imran on . Posted in Kuala Kapuas

Written by Saiful Imran on . Hits: 463Posted in Kuala Kapuas

Sekretaris PA Kuala Kapuas Ikuti Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Senin 15/02/2021 Sekretaris Pengadilan Agama Kuala Kapuas Isnaniyah, S.Ag. mengikuti pelatihan dalam jaringan (daring) yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Menpim Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan Tempo Institute Tahun Anggaran 2021. Kegiatan yang diselenggarakan dari tempat kerja ini diikuti oleh 258 orang hakim dan 82 pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan dari empat lingkungan badan peradilan: peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer dan peradilan tata usaha negara.

Pelatihan ini terselenggara berdasarkan Surat Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Nomor:  178/BLD/S/2/2021 perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik Tahun 2021 tanggal 09 Februari 2021

.

Pelatihan daring ini berlangsung selama 4 hari mulai 15-18 Februari 2021. Hari pertama pelatihan ini dimulai pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 12:00 WIB. Pemateri dalam acara pelatihan daring ini merupakan para wartawan senior Majalah Tempo, antara lain adalah Lestantya R Baskoro, Syailendra Persada dan Uu Suhardi.

Lestantya R Baskoro menyampaikan materi isu-isu peradilan yang layak diketahui publik. Menurutnya, berita yang layak diketahui publik ada dua: berita yang berkaitan dengan putusan (pertama kali, akibat putusan, terobosan hakim, trend) dan berita di luar putusan (reformasi pengadilan, profil hakim dan informasi pengadilan).

Syailendra Persada pula menyampaikan materi siaran pers dengan kaidah search engine optimazation (SEO). Menurutnya, SEO adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu dimesin pencarian internet, seperti Google, Bing dan Yahoo. Manfaat SEO adalah meningkatkan rangking website, mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung yang memadai, branding untuk meningkatkan popularitas, otoritas dan brand awareness. Dan salah satu strategi SEO adalah riset kata kunci atau riset keyword.

Sedangkan Uu Suhardi menyampaikan materi kalimat efektif yang mencakup tips menyusun kalimat yang sempurna dan kalimat tidak efektif. Dia juga mencontohkan kalimat tidak efektif yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada hari kedua dan ketiga, tanggal 16 s.d. 17 Februari 2021 adalah mengerjakan tugas menyusun siaran pers dengan kaedah SEO dan koreksi oleh mentor masing-masing peserta. Sedangkan hari keempat, tanggal 18 Februari 2021 evaluasi terhadap tugas yang dikerjakan oleh para peserta.

Objektif pelatihan daring ini adalah peserta diharapkan mampu mengoptimalkan setiap ruang dan kesempatan yang diberikan oleh media untuk publikasi dan melalui siaran pers dengan kaidah search engine optimazation (SEO).

Semoga apa yang diperoleh dalam seminar tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan berorganisasi dalam rangka meraih kesuksesan demi kemajuan lembaga peradilan Indonesia. (isn)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media