header pta Baru

Kunjungan Perdana Sekaligus Pembinaan KPTA P. Raya di Pengadilan Agama Kuala Kapuas

Written by Edi on . Posted in Kuala Kapuas

Written by Edi on . Hits: 651Posted in Kuala Kapuas

Kunjungan Perdana Sekaligus Pembinaan KPTA P. Raya di Pengadilan Agama Kuala Kapuas 

 

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi Pengadilan Agama Kuala Kapuas, karena pada hari Rabu (03/06/2020) sekitar pukul 08.00 WIB, Pengadilan Agama Kuala Kapuas kedatangan Bapak Ketua PTA Palangka Raya yang baru Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. beserta isteri dan didampingi pula oleh Sekretaris PTA Palangka Raya Mukti Ali, S.Ag., M.H., kunjungan beliau ini merupakan kunjungan perdana ke Pengadilan Agama yang ada di wilayah Kalimantan Tengah.

Kedatangan beliau disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas dan jajarannya. Setibanya di Kuala Kapuas beliau langsung meninjau keadaan ruangan-ruangan yang ada antara lain Ruang PTSP, Ruang Sidang, Ruang Arsip, Ruang Kesekretariatan dan Kepaniteraan. Selanjutnya beliau meninjau halaman kantor Pengadilan Agama Kuala Kapuas baik depan, samping dan belakang.

Pada kesempatan itu pula beliau menyempatkan melaksanakan Pembinaan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Kuala Kapuas, ada beberapa hal yang beliau sampaikan antara lain: terkait dengan program Badilag dan Mahkamah Agung yaitu pembangunan Zona Integritas.

Pertama pesan Pak Dirjen, simponi Pak Dirjen sekarang adalah simponi SIPP, simponi Zona Integritas, PTSP dan Dekorum, itu yang perlu kita perhatikan. Karena itu akan nampak bagamana persepsi masyarakat terhadap pelayanan aparat peradilan. Namun jangan lupakan teknis Hukum Acara, harus kita perhatikan bersama-sama. 

D:\BERITA PA KPS 2020\JUNI\kpta.jpgKemudian terkait dengan Zona Integritas, kita tahu bahwa PTA Palangka Raya bisa menjadi contoh bagaimana cara meraih Zona Integritas secara maksimal. Yang pertama adalah pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih kurang bersih masih penuh dengan KKN. Karena nya kita dituntut menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Yang kedua, produktivitas kerja pemerintah selama ini, kinerja yang baik, menghasilkan porduk-produk yang maksimal. Kita dipacu agar bisa bekerja dengan maksimal sehingga masyarakat puas terhadap pelayanan kita. Seluruh pimpinan  sampai staf harus tahu apa itu istilah Zona Integritas, karena bisa saja suatu saat ada Tim menyamar sebagai masyarakat biasa datang menanyakan tentang Zona Integritas.  

Lebih lanjut menurut beliau Zona Integritas itu bagaimana pihak-pihak yang kita layani itu begitu masuk lingkungan halaman kantor sudah merasakan kenyamanan, maka kita perbaiki dulu di luar, dibenahi di luar, antara lain harus ada pos pengamanan dan portal, ada penunjuk arah, tempat parkir. Kebersihan halaman juga diperhatikan jangan ada rumput-rumput yang panjang. Begitu juga masuk dalam kantor para pihak sudah tahu mau menuju kemana.  

Ada 2 pelayanan di semua unit kerja, ada  pelayanan luar yaitu Panitera, tamu-tamu yang terkait dengan perkara tanggungjawab Kepaniteraan, bagaimana mereka merasa puas dan nyaman, makanya harus dirancang bagaimana supaya fasilitas pelayanan publik terasa nyaman dengan didukung oleh bagian Kesekretariatan.

Pelayanan kedalam (Internal) bagian Kesekretariatan, terkait dengan tanggung jawab kedalam bagaimana memberikan pelayanan kepada para pegawai, terkait kenaikan pangkat, pemenuhan fasilitas dan sebagainya. Pesan beliau diakhir pembinaannya jagalah kekompakan dan kebersamaan, kerjasama yang baik, beri dukungan kepada pimpinan. Ada 3  hal yang harus kita perbaiki komunikasi ke atas (pimpinan), ke samping (teman-teman) dan ke bawah (staf).     

Selanjutnya pembinaan oleh Sekretaris PTA Kalteng Drs. Mukti Ali, S.Ag., M.H. yang mengingatkan kembali bahwa kita sudah akan memasuki triwulan II, saya harapkan agar aplikasi SMART, e-Monev Bappenas, laporan bulanan DIPA 01 dan 04, Aplikasi ABS Badilag dan Mahkamah Agung harus update setiap hari, menu webD:\BERITA PA KPS 2020\JUNI\kpta3.jpgsite dilengkapi karena triwulan I Pengadilan Agama Kuala Kapuas masih zona merah, semoga triwulan II bisa zona hijau. pengiriman berita juga harus diperhatikan, karena akan diberikan reward kembali. Terkait dengan Zona Integritas, bahwa sekarang masih masa penilaian Bawas MA tgl 02 Juni s.d 19 Juni 2020, secara eviden nilai tinggi, namun belum tahu lagi hasil terakhir penilaian dari Bawas, masih ada beberapa tahapan yang dijalani,  hasil survey nantinya juga menentukan survey internal lolos dan survey eksternal yaitu BPS juga harus lolos, sebagai pendukung Aplikasi Badilag dan PTA Palangka Raya  harus dipertahankan dipilah masuk ke area yang mana. Kita juga harus merubah mindset, kita ke kantor harus ada yang kita kerjakan, jangan tunda hari esok apa yang bisa kita kerjakan hari ini. Tanamkan di hati kita untuk berubah mindset dan pola pikir.(Tim Redaksi PA Kps) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media