header pta Baru

Ketua Ikut Meriahkan Pagelaran Rekor MURI. Intip keseruannya!

Written by VON on . Posted in Kuala Kapuas

Written by VON on . Hits: 78Posted in Kuala Kapuas

Kapuas (29/4) Ketua PA Kuala Kapuas turut meriahkan gelaran Pembuatan Rekor MURI Laluhan serta Masak Besar Aneka Ragam Ikan Gabus yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kapuas. Acara ini menjadi salah satu rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas Ke - 218 dan HUT Pemerintah Kab. Kapuas Ke - 73. Dalam acara ini, turut dihadirkan pula Content Creator Khas Kuliner, yakni Bobon Santoso yang dipercaya untuk mengeksekusi Masak Besar Aneka Ragam Ikan Gabus atau yang lebih familiar dikenal dengan ikan haruan oleh masyarakat.

Acara Pembuatan Rekor MURI Upacara Adat Dayak Laluhan dan Perang Air Suku Dayak Ngaju diselenggarakan di atas kapal-kapal pengangkut maupun nelayan lokal yang di hias sedemikian rupa dan di ikuti oleh cukup banyak partisipan. Selain perwakilan-perwakilan dari berbagai instansi di wilayah hukum Kab. Kapuas, masyarakat juga turut berpartisipasi dengan meriah. Upacara Laluhan merupakan ritual adat Suku Dayak Ngaju Kuala Kapuas, yang menggambarkan betapa gigihnya mereka dalam mempertahankan wilayah dari gangguan musuh. Upacara laluhan juga menyimbolkan kegigihan warga Kota Kuala Kapuas memerangi kemiskinan dan keterbelakangan, sehingga menjadi masyarakat yang maju dan sejahtera.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Masak Besar Aneka Ragam Ikan Haruan yang berkolaborasi dengan konten kreator Bobon Santoso. Kegiatan dilangsungkan di Lapangan Bukit Ngelangkang Kuala Kapuas yang bersebelahan dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kapuas. Acara ini cukup menyita antusias dari para warga, lantaran Bobon Santoso adalah seorang konten kreator yang cukup di kenal dengan konten-konten masak besarnya. Pada acara ini, Ketua PA Kuala Kapuas, Suharja, S.Ag., M.H mendapat suguhan makanan yang bernama juhu rimbang ikan gabus dan botok ikan gabus. Sekaligus ia pun menyampaikan apresiasi terhadap suguhan tersebut.

"Jelas enak lah, pake tanya!" ungkapnya sumringah

Mengutip sumber dari akun Instagram Diskominfo Kapuas, rangkaian acara ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut meramaikan acara tersebut demi mendorong pertumbuhan pariwisata ekonomi kreatif warga Kab. Kapuas

(VON)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media