header pta Baru

PA Kasongan Terdampak Banjir Kiriman

Written by Adel on . Posted in Kasongan

Written by Adel on . Hits: 392Posted in Kasongan

PA KASONGAN TERDAMPAK BANJIR KIRIMAN

44

(Jum’at, 10 September 2021 M/ 03 Shafar 1443 H) Banjir yang melanda Kabupaten Katingan sejak pertengahan Agustus 2021, disebabkan oleh air meluap di daerah aliran sungai Katingan ini merupakan air kiriman dari hulu dan tengah sungai Katingan disebabkan intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut . Hal ini menyebabkan adanya air yang masuk ke dalam area kantor Pengadilan Agama Kasongan, karena lokasinya yang terletak dekat dengan daerah aliran sungai Katingan. Genangan air yang masuk ini merupakan kali kedua yang terjadi di Pengadilan Agama Kasongan setelah sebelumnya pada tanggal 27 Agustus 2021 banjir sempat menggenangi beberapa area di Pengadilan Agama Kasongan, namun pegawai saat itu masih bisa bekerja seperti biasa walaupun kurang optimal.

49

Pada tanggal 07 September 2021 ketika volume air mulai meningkat beberapa pegawai mencoba pergi ke kantor untuk menyelamatkan barang-barang elektronik seperti PC, CPU, dan juga berkas kantor, namun mereka dihadapkan pada air yang semakin meninggi ketika pulang kantor yang menyebabkan beberapa kendaraan pegawai mengalami mogok. Para pegawai Pengadilan Agama Kasongan yang berada di luar kota pun tidak bisa untuk hadir ke kantor dikarenakan beberapa ruas jalan di Katingan yang terputus dan sulit untuk dilewati. Puncaknya pada tanggal 8 September 2021 volume air yang masuk ke area kantor Pengadilan Agama Kasongan semakin memburuk karena intensitas hujan yang tinggi hingga menimbulkan air mencapai sepaha lebih orang dewasa. Hal ini menyebabkan pegawai yang mengungsi di kantor harus menggunakan sampan ketika pergi kemana-mana.

45

Selain kantor, beberapa rumah pegawai Pengadilan Agama Kasongan termasuk Ketua Pengadilan Agama Kasongan, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Juru Sita Pengganti, serta PPNPN juga tidak luput terkena imbas banjir yang terjadi di Kabupaten Katingan. Hal ini mengharuskan mereka sementara waktu mengungsi di kantor atau rumah pegawai yang tidak terdampak banjir. Bahkan beberapa barang pegawai tidak dapat diselamatkan lagi karena volume air yang meningkat secara cepat. Semoga banjir ini lekas surut dan tidak ada lagi banjir susulan agar semuanya dapat kembali beraktivitas seperti biasa serta tidak semakin menimbulkan kerugian materiil maupun imateriil bagi banyak pihak. Semoga semuanya selalu dilindungi oleh Allah SWT. dan diberikan kesehatan selalu. (Adel)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media