header pta Baru

Monitoring Dan Evaluasi Oleh Ketua Mahkamah Agung RI Di Akhir Tahun 2021, Pengadilan Agama Buntok Siap Menyongsong Tahun 2022 Dengan Lebih Baik, Inovatif Dan Kreatif

Written by PB on . Posted in Buntok

Written by PB on . Hits: 708Posted in Buntok

Buntok | 17 Desember 2021. Di pertangahan bulan Desember 2021 ini, Mustolich, S.H.I (Ketua Pengadilan Agama Buntok), Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Agama Buntok), Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I. (Hakim), Abu Mansur, S.H. (Panitera) dan Abdul Wahid, S.H. (sekretaris) mengikuti pembinaan teknis dan administrasi yudisial oleh pimpinan Mahkamah Agung melalui zoom di ruang media center Pengadilan Agama Buntok.

Rundown acara meliputi pembinaan teknis dan administrasi judisial yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial dan Para Ketua Kamar yang dimulai dari jam 07.30 – 11.00 WIB. Kemudian acara dilanjutkan pada pukul 13.30 – 16.30 dengan agenda pembinaan teknis dan administrasi judisial oleh Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung dan Para Pejabat Eselon I Mahkamah Agung.

Pembinaan pertama oleh Yang Mulia Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan materi kepada seluruh aparatur di bawah naungan Mahkamah Agung yaitu 4 (empat) lingkungan peradilan seluruh indonesia, meliputi:

  1. Betapa pentingnya melakukan 3M (memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun) dan 3T (testing, tracing dan treatment) dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Warga peradilan harus menjadi contoh bagi aparatur penegak hukum yang lain dengan tetap mematuhi setiap himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah agar pandemi segera berakhir.
  2. Implementasi hasil Rumusan Pleno Kamar Mahkamah Agung. Kesatuan hukum dan konsistensi putusan harus dibangun mulai dari pengadilan tingkat pertama, karena kesatuan hukum dan konsistensi putusan sangat diperlukan untuk menciptakan kepastian hukum yang berkeadilan. Perbedaan sikap dan cara pandang dari para hakim terhadap isu hukum yang sama akan menimbulkan ketidakpastian dalam penegakan hukum.
  3. Mahkamah Agung akan membentuk Pengadilan Tingkat Banding meliputi 4 di lingkungan peradilan umum yaitu Pengadilan Tinggi Papua Barat, Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau, Pengadilan Tinggi Sulawesi Barat, dan Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara; 4 di lingkungan peradilan agama yaitu Pengadilan Tinggi Agama Bali, Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat, Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Riau, dan Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Utara; dan 4 di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yaitu Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Palembang, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Banjarmasin, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Mataram, dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado.
  4. Mahkamah Agung telah membangun gedung baru sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) terdiri dari, 25 (dua puluh lima) gedung dibangun pada tahun 2020 yang pembangunannya dilanjutkan pada tahun 2021 dan

12 (dua belas) gedung dibangun pada tahun 2021. Untuk tahun 2022 kita telah merencanakan untuk membangun sebanyak 26 (dua puluh enam) gedung dan sisanya sebanyak 22 (dua puluh dua) gedung akan dibangun pada tahun 2023.

  1. Mahkamah Agung terus berinovasi diantaranya aplikasi E Sadewa (electronic state development and enhacement work application) yang mempunyai 4 (empat) fitur utama yaitu fungsi monitoring BMN, fungsi pengelolaan BMN, fungsi pengadaan barang dan fungsi pelaporan BMN.

Sebagai kalimat penutup Ketua Mahkamah Agung memberikan quote “Membangun kepercayaan publik ibarat menyalakan api di atas tungku yang basah, sulit menyala, namun mudah untuk padam. Oleh karena itu, perlu kerja keras untuk membangunnya dan kekompakan untuk menjaganya”.

Ketua Pengadilan Agama Buntok berharap agar seluruh pegawai dapat memedomani arahan dari pimpinan Mahkamah Agung tersebut sehingga dapat memperbaiki pelayanan kepada masyarakat di tahun 2022.

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media