Harap Tunggu...

» Berita Utama » Memasuki Penghujung Tahun 2025, Bagian Kesekretariatan PTA Palangka Raya Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Triwulan IV Tahun 2025 dan Rencana Tahun 2026
Memasuki Penghujung Tahun 2025, Bagian Kesekretariatan PTA Palangka Raya Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Triwulan IV Tahun 2025 dan Rencana Tahun 2026
  

Memasuki Penghujung Tahun 2025, Bagian Kesekretariatan PTA Palangka Raya Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Triwulan IV Tahun 2025 dan Rencana Tahun 2026

Palangka Raya – Selasa, 2 Desember 2025, bertempat di Aula Atas Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai, seluruh aparatur Bagian Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya menghadiri rapat monitoring dan evaluasi Bagian Kesekretariatan Triwulan IVTahun 2025.

Pertama, rapat dibuka oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Palangka Raya Bapak Mauliannor, S.Ag.. Kemudian rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris PTA Palangka Raya Bapak Abdul Rifai, S.H.I., M.H., beliau menyampaikan bahwa PTA Palangka Raya sebagai Pengadilan Tingkat Banding harus memulai segala sesuatunya terlebih dahulu, karena merupakan kawal depan dari seluruh satker yang berada di wilayah Kalimantan Tengah. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh aparatur Bagian Kesekretariatan yang sudah bekerja sama dari awal tahun 2025 sampai dengan saat ini.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing Subbagian, dan yang pertama memaparkan yaitu Subbagian Keuangan dan Pelaporan yang disampaikan oleh Kasubbag Keuangan dan Pelaporan Bapak Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. terkait dengan realisasi anggaran yang telah tercapai sampai dengan per 30 November 2025, pembuatan laporan keuangan, pelaksanaan PIPK tahun 2025 serta beberapa hal penting lainnya. Kemudian juga disampaikan hal mengenai rencana yang akan dilaksanakan, diantaranya mengadakan sosialisasi Coretax dengan mengundang perwakilan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sosialisasi terkait pengisian dokumen Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK), serta penyusunan program kerja Subbagian Keuangan dan Pelaporan.

Pemaparan selanjutnya, yaitu dari Subbagian Kepegawaian dan TI yang disampaikan oleh Kasubbag Kepegawaian dan TI apak H. Abdul Ghoni Hamid, S.H.I., M.H.I. Terdapat beberapa laporan juga terkait proses kenaikan pangkat, pencantuman gelar, perizinan ke luar negeri, migrasi website dari joomla ke wordpress, serta penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2025. Selain itu, juga disampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya seperti  persiapan pengisian SKP Tahun 2025 dan pembuatan SKP Tahun 2026 dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU) terbaru sebagai acuan, pembuatan Surat Keputusan (SK), monitoring kenaikan pangkat awal tahun, monitoring data pegawai pada SIKEP dan beberapa kegiatan lainnya.

Yang ketiga, yaitu pemaparan dari Subbagian Rencana Program dan Anggaran yang disampaikan oleh Kasubbag Rencana Program dan Anggaran Bapak H. Era Risa Elpurusia, S.E., S.H., M.A.P., terkait dengan revisi anggaran tahun berjalan, serta DIPA Tahun 2026 yang akan terbit pada bulan Desember ini.

Dan yang terakhir, yaitu maparan dari Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga yang disampaikan oleh Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Ibu Rika Yunita Pratiwi, S.T., M.Si. mengenai perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan di lingkungan kantor PTA Palangka Raya. Serta beberapa rencana kedepannya, terutama dalam penyusunan program kerja Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga tahun 2026.

Acara selanjutnya, yaitu penyampaian saran-saran dari seluruh aparatur Bagian Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya untuk Tahun 2026. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan juga dari Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan mengenai pemaparan yang telah disampaikan oleh Kasubbag dari setiap subbagian.

Dengan selesainya pemaparan dan pemberian arahan terkait dengan pelaksanaan pekerjaan dari masing-masing Subbagian, serta penyampaian saran-saran untuk Tahun 2026 maka berakhir juga kegiatan rapat monitoring dan evaluasi Bagian Kesekretariatan. Semoga dengan diadakannya rapat monitoring dan evaluasi secara berkala, dapat menjadi acuan dan semangat dalam mengerjakan tugas-tugas kedepannya. (tim redaksi)