logo pta6

Silaturrahim Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah dan Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah Hasilkan Ini. Yuk Disimak..

Written by Elwin Purnama on . Posted in Berita Utama

Written by Elwin Purnama on . Hits: 172Posted in Berita Utama

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Silaturrahim Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah dan Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah Hasilkan Ini. Yuk Disimak..

WhatsApp Image 2021 05 06 at 11.14.54 1

Palangka Raya || Pta-palangkaraya.go.id

Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya yang terdiri dari Ketua (Dr. H. Samparaja, S.H., M.H.) Wakil Ketua (Drs. H. Makmun, S.H., M.H.) dan Panitera (Drs. Hairil Anwar, M.H.) serta didampingi Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya (Dra. Hj. Norhayati M.H.) berkunjung ke kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah pada Rabu (05/05/2021)

WhatsApp Image 2021 05 06 at 11.14.53

Disambut langsung Kepala Kanwil Kemenag Kalteng (Dr. H. ABD. RASYID, M.A), rombongan kemudian memasuki ruang kerja Kepala kanwil Kemenag Kalteng. Perjalanan silaturrahim tersebut tidak hanya sampai di Kanwil Kemenag, namun berlanjut juga ke Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah. "Sebagai instansi yang memiliki akses pada perubahan data kependudukan, antara peradilan agama dan dukcapil harus ada sinergitas,"ujar Samparaja yang diiyakan juga oleh rombongan  PTA Palangka Raya.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 11.14.54

WhatsApp Image 2021 05 06 at 11.14.53 1

Dalam silaturrahim tersebut ketiga instansi yang sepakat, pertama untuk membuat Inovasi dalam hal Kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada Masyarakat terkait penerbitan Kartu keluarga status baru(Janda /atau Duda) di Dinas Dukcapil secara otomatis pasca terbitnya Akta Cerai di Pengadilan Agama. Kesepakatan kedua yaitu Penerbitan  Akta Nikah di Kementerian Agama (KUA),  serta penerbitan Akta Kelahiran anak secara otomatis pasca Isbat Nikah di Pengadilan Agama. Sehingga tercipta  pelayanan  terpadu ditiga instansi ini yg dirasa akan  sangat meringankan urusan masyarakat ketika berurusan dengan pada tiga instansi (Peradilan Agama, Kanwil Kemenag dan Dinas Dukcapil) tersebut.

Ketua PTA Palangka Raya ketika dihubungi redaksi mengatakan bahwa silaturrahim ini merupakan langkah mewujudkan pelayanan yang memudahkan masyarakat. "Jadi masyarakat nantinya akan dimudahkan, tidak akan dipersulit dari awal hingga berperkara selesai,"ujar Samparaja.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media